Anak Muda Ditantang Majukan Ekraf

Anak Muda Ditantang Majukan Ekraf

Radartasikmalaya, GARUT – Pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Garut mendapat kesempatan mengikuti workshop yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Art Center, Sabtu (18/6/2022). Garut menjadi lokasi ke-14 workshop bertajuk Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menyebut Kabupaten Garut memiliki  reputasi dan histori panjang di mata dunia internasional. Di mana Charlie Chaplin merupakan ikon film dunia asal London, Inggris pernah dua kali datang ke Garut yakni pada 1923 dan 1928.

“Garut adalah The Switzerland Van Java. Dan Charlie Chaplin pernah ke sini sebelum masa kemerdekaan. Dan menyebutkan ini adalah tempat terindah di muka bumi,” ujar Sandi di depan peserta workshop.

Dengan adanya kedatangan ikon film dunia itu, kata dia, artinya potensi Kabupaten Garut telah mendunia sejak lama dan itu perlu ditingkatkan, salah satunya subsektor seni pertunjukan.

”Kita melihat bukan hanya keindahan alamnya, juga seni budayanya, dan juga produk-produk ekonomi kreatif, seperti kuliner. Dan kopi. Ternyata kopi Garut ini menjadi juara dunia,” ungkapnya.

Dengan demikian, kata dia, usaha ekonomi kreatif sudah menjadi sebuah keniscayaan. Dirinya optimistis, ekonomi Garut ke depan akan ditunjang oleh generasi muda yang memiliki karakteristik lain daripada generasi sebelumnya.

”Kami ingin mendorong ekonomi Garut ke depan harus ditunjang oleh anak-anak muda dengan inovasi, dengan adaptasi, dan kolaborasi. Saya ingin ekonomi kita tumbuh lebih cepat lagi. Lapangan kerja semakin bisa diciptakan,” ujarnya.

Salah satu seni pertunjukan yang perlu dikembangkan yakni Jibrut. Karena ini merupakan kesenian lokal Kabupaten Garut yang unik, sehingga perlu diadakan Festival Jibrut.

”Festival Jibrut ini salah satu yang bisa diusulkan sebagai keunikan seni pertunjukan di Garut. Semoga dapat diwujudkan oleh pak wakil. Dan tahun depan bisa menjadi salah satu kalender event yang menarik untuk kita kunjungi,” ujarnya.

Sandi menerangkan, workshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekraf. Itu dilakukan dengan memfasilitasi para pelaku ekraf dan UMKM untuk bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif. Sehingga, produk mereka dapat memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: