Menpora Minta Penyelenggara Piala Presiden Bertanggungjawab Atas Meninggalnya 2 Suporter

Menpora Minta Penyelenggara Piala Presiden Bertanggungjawab Atas Meninggalnya 2 Suporter

Radartasik, JAKARTA – Insiden meninggalnya dua suporter atau bobotoh saat laga Persib vs Persebaya pada Jumat malam (17/06/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung menimbulkan keprihatinan banyak pihak. Salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Oleh karena itu Menpora meminta sejumlah pihak, seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), penyelenggara turnamen pramusim Piala Presiden 2022 untuk bertanggung jawab menyelidiki kasus meninggalnya penonton sekaligus suporter Persib tersebut. 

“SOP yang berlaku di stadion ketika itu harus dievaluasi. Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB," ujar Zainudin Amali dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/6/2022). 

BACA JUGA:Ketua PSSI Ikut Bersedih atas Meninggalnya Dua Bobotoh Persib Bandung, Mudah-Mudahan Kejadian Ini Tak Terulang

Politisi Partai Golkar itu pun memerintahkan PSSI dan LIB untuk memastikan keamanan pelaksanaan penyisihan grup Piala Presiden 2022 di tiga stadion lain yaitu Stadion Manahan (Solo), Stadion Segiri (Samarinda), dan Stadion Kanjuruhan (Malang).

Semuanya dilakukan agar keselamatan penonton yang hadir langsung di stadion dapat terjamin.

"Tidak boleh ini terulang lagi karena pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan,” tegasnya. 

BACA JUGA:Keluarga Beber Kronologi Sebelum Bobotoh Cibaduyut Meninggal : Terjebak di Pintu Masuk GBLA, Kehabisan Napas

Zainudin Amali pun menyatakan duka cifa mendalam atas peristiwa tersebut.

Pria asal Gorontalo tersebut prihatin, apalagi Piala Presiden merupakan turnamen sepak bola nasional pertama yang dapat dihadiri penonton dalam dua tahun terakhir.

“Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan sepak bola baru saja diizinkan dihadiri penonton langsung di stadion,” tutur Zainudin.

BACA JUGA:Waduh! Persib Terancam Dua Sanksi dari PSSI, Buntut 2 Bobotoh Meninggal Dunia

PSSI sudah menyatakan bahwa mereka, melalui Komite Disiplin, akan menginvestigasi peristiwa maut tersebut.

Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin mengatakan, pihak kepolisian sejatinya menetapkan kapasitas maksimal Stadion GBLA adalah 15.000 penonton pada laga Piala Presiden 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: