73 Unit Kendaraan Diuji Emisi

73 Unit Kendaraan Diuji Emisi

Radartasik, Ciamis - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis menggelar uji emisi gratis di Alun-Alun Ciamis pada Rabu-Kamis (15-16/6/2022) pagi. Kegiatan itu dilakukam sebagai bentuk peduli lingkungan untuk mewujudkan Ciamis biru, bebas dari polusi udara.
Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Ciamis Yanti mengatakan, uji emisi gratis ini diikuti oleh berbagai kendaraan, di antaranya  mobil pribadi, kendaraan dinas, BUMN, BUMD, terutama mobil angkutan dan truk. “Di mana acara ini dalam rangka hari jadi Ciamis, bahkan program uji emisi gratis ini pihaknya lakukan sebagai bentuk peduli lingkungan,” kata dia, menjelaskan.
Kata Yanti, untuk sasaran dari uji emisi gratis ini adalah kendaraan operasional, BUMN, BUMD dan komunitas. Di mana pada hari pertama pelaksanaan uji emisi gratis ada sekitar 73 unit yang diperiksa, hasilnya hanya dua kendaraan yang tidak lulus uji emisi. 
“Maka bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi itu kami sarankan dan arahkan untuk di-tuneup kendaraannya. Bahkan kami juga menyediakan pemeriksaan kendaraan atau servis gratis, kerja sama dengan pihak perusahaan swasta di Ciamis,” paparnya.
Lanjut dia, kendaraan yang tidak lulus uji emisi biasanya mengeluarkan kepulan asap hitam. “Itu yang menimbulkan polusi udara, yaitu kendaraan besar seperti angkutan, barang dan truk. Seharunya uji emisi idealnya dilakukan setahun dua kali,” paparnya.
Ardian (34), pengendara mobil yang mengikuti uji emisi gratis mengaku ingin tahu saja uji emisi itu seperti apa dan mengecek kendaran saja. “Bersyukur ada pengecekan uji emisi dari Dishub Ciamis dan gratis, sehingga bisa diketahui seperti apa kondisinya,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait