Lancar Jalani Persalinan Operasi Caesar bersama JKN-KIS

Lancar Jalani Persalinan Operasi Caesar bersama JKN-KIS

Tasikmakaya, Jamkesnews – Bisa melahirkan dengan operasi caesar dengan lancar merupakan hal yang sangat menyenangkan dan membuat haru semua keluarga Ratih Suminar (32). Ratih telah mendapatkan perawatan di Ruang Bersalin Rumah Sakit TMC, setelah melakukan proses kelahiran anak pertamanya. Ratih terlihat bahagia atas manfaat dan hadirnya Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Kelahiran pertama anak saya sangat berkesan, perasaan sangat bahagia sekaligus terharu setelah berhasilnya proses melahirkan dengan cara operasi caesar,“ ucap Ratih, yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, Jumat (20/05).

Sebelumnya Ratih menceritakan ada rasa takut dan khawatir untuk melahirkan dengan cara caesar, karena biaya melahirkan dengan cara caesar sangatlah mahal. Adanya asuransi lain pun tidak semuanya dapat menanggung biaya sepenuhnya, kekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional -Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Oleh karena itu Ratih sangat puas dan bahagia karena semua biaya persalinannya ditanggung Oleh JKN-KIS.

“Karena saya memiliki asuransi lain, maka sebelum proses persalinan saya cari informasi dulu apakah bisa dijamin 100% untuk biaya operasi persalinan caesar. Setelah saya dapat informasinya ternyata hanya JKN-KIS yang mampu menjamin hingga 100% proses persalinan operasi caesar jika sesuai dengan hak kelas. Setelah selesai menjalani tindakan operasi caesar dan dinyatakan pulih, saya sangat tidak menyangka, sekaligus suami saya pun tidak menyangka bahwa betul seluruh biaya dijamin oleh JKN-KIS, hal ini sangat membantu ekonomi keluarga saya. Operasi saya semuanya lancar, asal mengikuti semua prosedur yang diberikan,” ujar Ratih.

Ratih yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah-Badan Usaha (PPU-BU) ini ditanggung oleh perusahaan suaminya. Ia pun merasa sangat tertolong karena adanya Program JKN-KIS.

“Terbukti JKN-KIS berpengaruh besar terhadap masyarakat yang kurang mampu untuk berobat dengan biaya yang sangat mahal. Salah satu contoh adalah keluarga saya dengan penghasilan suami saya yang pas-pasan, bisa menjalani operasi caesar dengan lancar tanpa dipungut biaya, ini adalah manfaat luar biasa dari hadirnya Program JKN-KIS. Terima kasih saya ucapkan, semoga bisa terus berkembang menjadi lebih baik dalam segala hal khususnya dalam memberikan kemudahan untuk peserta,” ucap Ratih. (BS/ha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: