AS Akan Sita Pesawat Milik Roman Abramovich

AS Akan Sita Pesawat Milik Roman Abramovich

Radartasik, Pengadilan AS mengeluarkan surat perintah penyitaan dua pesawat mewah milik miliarder Rusia Roman Abramovich senilai $400 juta.

Menurut siaran pers  dari Departemen Kehakiman, langkah itu merupakan bagian dari sanksi baru-baru ini yang dikeluarkan terhadap Rusia atas konflik di Ukraina.

Pihak berwenang mengatakan pesawat-pesawat buatan Amerika itu diterbangkan masuk dan keluar Rusia tanpa mendapatkan izin dari Departemen Perdagangan AS.

Pesawat dan suku cadang pesawat harus tunduk pada aturan ekspor karena potensi penggunaan militer dan implikasi keamanan nasionalnya.

Pesawat yang dimaksud adalah Boeing 787 Dreamliner senilai $350 juta dan Gulfstream G650 ER senilai $60 juta. “Boeing itu diterbangkan ke Rusia pada 4 Maret 2022 tanpa lisensi BIS, dan sekarang berada di Uni Emirat Arab,” kata laporan itu.

“Gulfstream diterbangkan ke Rusia pada 12 dan 15 Maret 2022 tanpa lisensi BIS dan berada di Rusia,” lanjut laporan tersebut dikutip dari Russian Today.

Departemen juga berusaha untuk mendenda Abramovich hingga $ 328.121 per penerbangan tanpa izin, atau hampir $ 1 juta untuk tiga penerbangan.

BACA JUGA:INVASI RUSIA: Kekayaan Pemilik Chelsea, Roman Abramovich Turun 1,8 Miliar Dollar

Negara-negara Barat telah memburu aset Rusia untuk dikenai sanksi setelah Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina pada Februari.

Ribuan orang Rusia sejak itu telah dikenai sanksi, properti dan uang mereka disita atau dibekukan oleh pihak berwenang di AS dan negara-negara lain serta oleh Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today