Mantap, 160 Siswa di Kompleks SDN Gununglipung, Kota Tasikmalaya Dibekali Pengetahuan tentang Kepramukaan

Mantap, 160 Siswa di Kompleks SDN Gununglipung, Kota Tasikmalaya Dibekali Pengetahuan tentang Kepramukaan

Radartasik, TASIKMALAYA

, Sabtu (11/6/2022). 

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gununglipung III, Euis Dahniati SPd menyatakan, pembekalan pengetahuan kepramukaan itu, sebagai persiapan siswa untuk melanjutkan sekolah di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Karena seluruh peserta pembinaan kepramukaan itu kelas VI. 

"Tujuannya supaya anak (siswa, Red) mengetahui dan memiliki pengetahuan dasar kepramukaan di tingkat pendidikan selanjutnya (SMP)," katanya kepada radartasik.disway.id, Sabtu (11/6/2022).

Untuk itu, pihak sekolah di Kompleks SDN Gununglipung melaksnakan kegiatan pembinaan kepramukaan selama satu hari ini. 

Dengan harapan siswa di jenjang SMP nanti tidak betul-betul polos dalam pengetahuan kepramukaan itu. 

"Makanya hari ini kami bekali mereka berkaitan pengetahuan kepramukaan," kata Euis.

Tambah dia, kegiatan yang diikuti oleh 160 siswa dan siswi di kompleks SDN Gununglipung itu seluruh materi kepramukaan, mulai dari penjelajahan, baris-berbaris, kebersamaan dan lainnya berkaitan pengetahuan kepramukaan. 

"Biasanya pembinaan kepramukaan ini, kita laksnakan dengan nama Persami kalau kondisi normal. Karena kondisi tidak memungkinkan kita laksnakan hanya satu hari ini saja," jelas dia.

Menurut dia, selian siswa dibekali pengetahuan kepramukaan, siswa juga mendapatkan materi tentang nasionalisme. 

"Kita juga bekali pengetahuan nasionalisme dalam kegiatan ini," kata Euis.

Euis berharap, dengan adanya kegiatan pembinaan kepramukaan ini bisa meningkatkan pengetahuan siswa, khususnya menjadi bekal nanti di jenjang pendidikan selanjutnya. 

"Mudah-mudahan saja meskipun hanya satu hari ini saja, pengetahuan kepramukaan mereka meningkat, setelah sebelumnya masa pandemi tidak ada kegiatan kepramukaan,” ujarnya. 

“Karena siswa kelas enam ini sebelumnya kelas empat, jadi selema itu daring dan tidak ada kegiatan pramuka," ujarnya. (ujang nandar/radartasik.disway.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: