Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak

Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak

Radartasik, Ciamis-Hujan disertai angin kencang terjadi di Dusun Karangsari, Dusun Kubangpari Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, Rabu (8/6/2022) sekitar pukul 14.00. Cuaca ekstrem itu mengakibatkan puluhan rumah dan warung rusak, bahkan satu orang alami luka ringan.
Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi mengatakan bahwa kejadian angin kencang disertai hujan deras itu menimpa dua dusun Karangsari dan Kubangpari di Desa Bangunsari, yang mengakibatkan beberapa rumah tertimpa pohon dan atap bangunan rumah (genting dan asbes ) beterbangan. ”Sehingga menimbulkan kerusakan dan kerugian material,” paparnya.
Kata Baehaki, bila dirinci, yang terdampak itu sekitar 26 rumah, di antaranya 4 rumah rusak sedang dan 22 rusak ringan. Serta ada 20 kios/warung yang rusak hingga ada yang terhempas ke sawah. ”Untuk kerugian materil Rp 64 juta,” paparnya.
Lanjut Baehaki, selain kerugian materil ada juga yang menjadi korban angin kencang yakni  Patoni (59) korban mengalami luka pada bagian kepala, ia dilarikan ke Klinik Hiban Nur Medika.  ”Kondisi korban sekarang membaik hanya luka ringan,” paparnya.
Ditambahkan Baehaki,  upaya yang dilakukan  melakukan evakuasi pohon yang menimpa rumah, pendataan atau assesman, koordinasi dengan pemerintah desa dan membuat laporan tingkat kecamatan dan Kabupaten Ciamis. ”Kami berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan hingga beres, di antaranya Mdmc, Babinsa, Babinmas, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan warga setempat,” paparnya.
Kabid Darlog BPBD Ciamis Memet Hikmat membenarkan adanya laporan di Pamarican mengenai angin kencang dan rumah dan warung rusak. Untuk itu pihaknya menghimbau masyarakat untuk waspada. Pasalnya saat ini hujan sering terjadi namun tidak secara keseluruhan, hanya lokal kecamatan.
”Kami himbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, karena saat ini hujan disertai angin sering terjadi,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: