Jerman Kekurangan Botol Bir

Jerman Kekurangan Botol Bir

Radartasik, New York Times melaporkan pembuat bir Jerman menghadapi kekurangan botol bir, situasi ini terjadi karena kombinasi dari inflasi, kenaikan biaya energi, konflik di Ukraina dan sanksi terhadap Rusia dan Belarus.

Ada lebih dari cukup untuk bir yang diminum orang Jerman, tetapi botol yang digunakan menjadi masalah lain.

Berlin mengesahkan undang-undang pada tahun 2003 yang bertujuan untuk mengurangi limbah kemasan, membuat pabrik bir domestik menjual bir mereka dalam botol yang dapat digunakan kembali.

Mungkin ada hingga empat miliar botol yang beredar saat ini, dengan perbandingan 48 botol atau lebih untuk setiap orang Jerman yang masih hidup.

Tetapi konsumen hanya membiarkannya menumpuk di balkon atau di ruang bawah tanah mereka dan tidak mengalami kesulitan untuk menjualnya kembali.

Hal ini sudah menjadi masalah sebelumnya. Pada tahun 2018, media AS meliput kekurangan botol bir yang terjadi di musim panas karena kelambatan dalam proses daur ulang.

Masalah itu terjadi sebelum konflik di Ukraina, sekarang dengan sanksi terhadap Rusia dan Belarusia, membuat harga energi naik dan mengurangi pasokan barang pecah belah baru.

Stefan Fritsche, wakil kepala Asosiasi Bir Berlin-Brandenburg mengatakan tagihan listriknya telah naik 300% selama setahun terakhir, sementara gas naik 400%. Dia juga membayar harga yang lebih tinggi untuk jelai dari sebelumnya.

"Harga botol telah meledak," kata Fritsche kepada Times, menyebut masalah itu "belum pernah terjadi sebelumnya."

Pabrik kaca di Ukraina dilaporkan berhenti bekerja karena pertempuran. Sanksi  memotong rantai pasokan dari Rusia dan Belarusia," lapor Times.

BACA JUGA:Embargo Gas Rusia Menjadi Racun Bagi Jerman

Sementara harga energi yang tinggi mengakibatkan peningkatan biaya pembuatan kaca dari Ceko hingga Prancis. Botol yang ada di Jerman bersumber dari sana, sekarang dijual dengan harga 15-20 sen euro.

Media Jerman meliput kekurangan botol bir bulan lalu, tabloid Bild menyatakan negara itu "kehabisan botol bir."

Penyiar Deutsche Welle menyalahkan biaya energi hingga kekurangan pengemudi truk, tetapi tidak mengatakan sepatah kata pun tentang sanksi yang mengurangi pasokan tersebut.

Selama tahun 2018, radio publik AS menyoroti seorang imigran Rumania yang mengumpulkan botol-botol kosong dari jalan seharga tujuh euro per keranjang belanja, warga Jerman menolak minum bir dari kaleng  dan menyebutnya “murah dan seperti sampah.”

Bir kaleng hanya menyumbang 7% dari pasar Jerman pada saat itu. Bagian lain dari masalah adalah bahwa banyak pabrik telah beralih dari ukuran dan bentuk botol standar, mereka lebih memilih untuk membedakan merek dengan desain yang berbeda membuat botol tidak lagi dapat ditukarkan.

Fritsche bersikeras bahwa bir itu sendiri tersedia dalam jumlah besar. Namun kekurangan botol dan menghadapai inflasi, menurut Times, penjualan ritel di Jerman pada bulan April turun 7,7% menjadi yang terbesar sejak tahun 1994.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today