Satpol PP Sukseskan HLUN ke-26

Satpol PP Sukseskan HLUN ke-26

PEMERINTAH Kabupaten Tasikmalaya baru saja menjadi tuan rumah Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 pada 28-29 Mei 2022. Dalam peringatan HLUN yang dihadiri langsung oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya memegang peranan penting sebagai koordinator keamanan dan ketertiban. 

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Bupati Tasikmalaya Nomor 460/Kep.152-Dinas Sosial PPKB P3A/2022. Sejak pertengahan Mei 2022, Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya di bawah komando Kepala Satuan Polisi Pamong Praja  Kabupaten Tasikmalaya Dadang Tabroni mulai melakukan koordinasi bersama  Kementerian Sosial, dan beberapa instansi terkait. 

Berbagai persiapan demi menyukseskan HLUN ke-26 di Kabupaten Tasikmalaya pun dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya. Persiapan dimulai dengan melakukan rapat koordinasi, dan deteksi dini ke titik lokasi yang direncanakan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Mensos. Persiapan lainnya yakni sosialisasi sterilisasi kawasan yang direncanakan dikunjungi Presiden RI dan Mensos kepada masyarakat dan pedagang kaki lima. 

Setelah semua tahapan persiapan matang, pasukan pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Brimob, Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, BPBD Kabupaten Tasikmalaya dan Tagana Kabupaten Tasikmalaya juga disiapkan.

Dadang Tabroni  menuturkan, pada puncak HLUN ke-26, Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya menurunkan kekuatan penuh sebanyak 119 personel. Selama dua hari berturut-turut, anggota Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya melakukan pengamanan penuh ke wilayah yang direncanakan dikunjungi Mensos RI dan juga ke 39 titik penyelenggaraan HLUN 2022.

Pengamanan Mensos pada puncak HLUN ke-26 dimulai dengan apel gelar pasukan kunjungan Mensos RI, di Halaman Masjid Baiturrahman, Singaparna, Sabtu 28 Mei 2022. Apel tersebut dipimpin langsung Wakapolres Tasikmalaya Kompol Hendra Virmanto.

Usai apel, Dadang Tabroni langsung berkoordinasi dengan Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Sapaat untuk menugaskan anggota melakukan pengamanan ke titik yang direncanakan dikunjungi Mensos RI. 

Mereka kemudian disebar ke beberapa titik yakni di Kampung Babakan Sukadamai, Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong,  LKS Welas Asih Singaparna, Wisma Haji, dan Rumah Sakit Umum Daerah Singaparna Medika Citrautama (RSUD SMC). 

Pada puncak HLUN ke-26, Minggu, 29 Mei 2022, pengamanan juga dimulai dengan apel di halaman Masjid Baiturrahman Singaparna. Kepala Bidang Trantibum Sapaat, yang bertindak sebagai pemimpin apel menginstruksikan kepada para anggota untuk melakukan pengamanan di beberapa titik seperti RSUD SMC, Kampung Babakan Sukadamai Cisayong, Desa Neglasari Salawu, Kecamatan Mangunreja, Kecamatan Singaparna, dan Wisma Haji. 

Pengamanan sendiri banyak terpusat di RS SMC karena para pejabat tinggi seperti Mensos RI, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin, dan juga pejabat penting lainnya berada di rumah sakit tersebut. 

Dalam kunjungan tersebut, Mensos RI turut memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh di antaranya Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin, Sekda Kabupaten Tasikmalaya M.Zen, dan LKS Welas Asih atas dedikasinya juga sumbangsih dalam mendukung pelaksanaan HLUN ke 26.

Mensos RI serta pejabat terkait turut menyapa lansia di 39 kecamatan yang juga menyelanggarakan peringatan HLUN ke-36. Selain RS SMC Singaparna, Mensos RI Tri Rismaharini didampingi Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto juga meninjau rumah tidak layak huni di Kampung Babakan Sukadamai, Cisayong. 

Dadang Tabroni bersyukur seluruh rangkaian kegiatan pengamanan berjalan tertib, aman dan terkendali. Menurut Dadang, tanpa kekompakan seluruh anggota, pengamanan kunjungan HLUN tidak mungkin berjalan lancar. “Semua berjalan aman terkendali sesuai rencana. Potensi gangguan keamanan juga mampu diantisipasi sehingga kunjungan Bu Mensos berjalan lancar,” tutur Dadang. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Mochammad Zen juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya karena telah menyukseskan HLUN ke-26. Zen berharap kesuksesan HLUN di Kabupaten Tasikmalaya bisa menjadi awal yang baik bagi kemajuan Kabupaten Tasikmalaya. “Terima kasih kepada anggota Satpol PP yang sudah siaga di setiap sudut,” tutur Zen. (Humas Satpol PP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radartasik.com