BMKG Bentuk Tim CSIRT Antisipasi Serangan Siber

BMKG Bentuk Tim CSIRT Antisipasi Serangan Siber

Radartasik, BOGOR – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan Tim Respon Insiden Keamanan Komputer CSIRT. 

Tim ini memperkuat pelayanan data dan informasi, peringatan dini kepada masyarakat berkenaan dengan bencana hidrometeorologi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam laman resmi www.bmkg.go.id menegaskan, aspek informasi dan informasi wajib dilindungi dari serangan tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Anies Baswedan Tak Pakai Pawang Hujan untuk Balapan Formula E, Memilih Kerja Sama dengan BMKG

"Menurut Kebijakan Keamanan Informasi BMKG, seluruh data dan informasi milik BMKG yang digunakan melalui layanan jaringan harus dilindungi dari penyalahgunaan, modifikasi, pencurian, atau perusakan, baik oleh pihak internal maupun pihak eksternal," ujarnya usai peluncuran tim BMKG CSIRT di Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Proses perlindungan terhadap informasi tersebut, kata dia, harus dikelola dengan baik sehingga informasi yang dihasilkan dapat terjaga kerahasiaannya, keakuratannya dan ketersediaannya secara efektif.

Dwikorita mengatakan, keamanan siber perlu dikelola dengan baik. 

BACA JUGA:BMKG Sebut Suhu Panas Akhir-akhir Ini Bukan Termasuk Gelombang Panas

Sasarannya menjamin perlindungan terhadap data dan informasi yang dikirimkan melalui jaringan dan infrastruktur pendukung jaringan lainnya.

BMKG, lanjut dia, mendapatkan skor 3.79 pada Pengukuran Tingkat Maturitas Penanganan Insiden Siber oleh tim Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Tahun ini BMKG dapat memenuhi syarat untuk membentuk BMKG-CSIRT.

Dwikorita menerangkan, Tim BMKG-CSIRT adalah tim tanggap insiden yang bertanggungjawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan serta aktivitas insiden keamanan siber. 

BACA JUGA:BMKG Ingatkan Pertengahan Mei Indonesia Dilanda Suhu Panas Tinggi

Tim ini dibentuk dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem, jaringan komunikasi, data serta informasi atas insiden keamanan siber yang terjadi pada organisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg.go.id