Ngarak Pataka Sambut Hari Jadi Ciamis

Ngarak Pataka Sambut Hari Jadi Ciamis

Radartasik, Ciamis -Bupati Ciamis Dr Herdiat Sunarya melepas secara langsung arak-arakan Pataka di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Sabtu (4/6/2022) pagi. Acara pelepasan Ngarak Pataka tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut hari jadi Kabupaten Ciamis yang ke-380. 
Ngarak Pataka ini akan dilakukan menuju 5 eks kewadanaan Kabupaten Ciamis yaitu Kecamatan Pamarican, Kecamatan Rajadesa, Kecamatan Lumbung, Kecamatan Sukamantri dan Kecamatan Cikoneng. Dalam sambutannya, Herdiat mengatakan kegiatan Ngarak Pataka ini salah satunya bertujuan supaya masyarakat mengetahui Hari Jadi Kabupaten Ciamis dan turut serta memeriahkannya. 
“Dalam peringatan HUT Ciamis yang ke-380 ini di samping kegiatan pokok ada juga kegiatan penunjang, di antaranya Ngarak Pataka, maksudnya supaya masyarakat tahu Hari Jadi Ciamis tanggal 12 Juni, karena banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Kegiatan ini juga sebagai sarana bagi masyarakat untuk mengenal Ciamis lebih dekat,” kata dia, menjelaskan. 
Kemudian, kata Herdiat, dengan kegiatan ini pun menunjukkan bahwa antara pemerintah dan masyrakat Kabupaten Ciamis tidak ada jarak, terutama dalam memberikan pelayanan. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini lebih mendekatkan lagi antara pemerintah dengan masyarakat dalam berbagai hal, sehingga bisa membangun Ciamis lebih baik,” ujar dia, menjelaskan. 
Herdiat berpesan dalam Ngarak Pataka dilaksanakan dengan tetap berhari-hayi mengutamakan keselamatan. “Tetap berhati-hati di jalan, utamakan diri sendiri dan masyarakat, sapa masyarakat dengan lemah lembut dan jangan menunjukkan sikap arogansi, mudah-mudahan tidak ada hal yang tidak diinginkan,” kata dia, menambahkan. 
Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menjelaskan, Pataka yang dituangkan dalam bentuk bendera dengan logo Kabupaten Ciamis merupakan simbol pemersatu perjuangan dan spirit kebersamaan dalam membangun Kabupaten Ciamis ke arah yang lebih baik. 
“Kegiatan ini untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan semua lapisan masyarakat, menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan serta mewujudkan kebersamaan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Ciamis,”tuntasnya. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: