Anies Baswedan Calon Presiden yang Paling Banyak Diperbincangkan Netizen

Anies Baswedan Calon Presiden yang Paling Banyak Diperbincangkan Netizen

radartasik.com - Lembaga survei Merdeka Institute merilis survei tentang lalu-lintas percakapan para netizen di dunia maya terhadap top five tokoh-tokoh yang digadang-gadang jadi calon presiden di Pemilu 2024. 

Berdasarkan analisis dari data media monitoring yang dilakukan Merdeka Institute, Anies Baswedan merupakan capres yang paling banyak diperbincangkan oleh para netizen di dunia maya.

Namun demikian, kendati Anies Baswedan paling banyak diperbincangkan alias memiliki tingkat engagement tertinggi, Prabowo Subianto justru menjadi capres yang banyak memperoleh sentimen positif dari para netizen.

BACA JUGA:Viral, Kakak Beradik di Brebes Bernama Lalu Dunia Pun Tersenyum, Dan Semuanya Menjadi Indah

“Sebanyak 25,4 persen dari total netizen yang mempercakapkan Prabowo cenderung menyampaikan ujaran positif tentang Ketua Umum Partai Gerindra itu, hanya 12,4 persen yang cenderung bernada negatif, dan sisanya 62,2 persen bersifat netral,” papar peneliti senior, Muhammad Yafi dalam siaran daring, Kamis (21/4).

Yafi menjelaskan, mengenai tingginya sentimen positif tentang Prabowo Subianto dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Pertama, kinerja positif Prabowo sebagai menteri terbaik dalam Kabinet Jokowi Jilid II ternyata membuka mata publik mengenai totalitas Prabowo dalam mengemban tugas negara.

BACA JUGA:Dorong Pemberdayaan Ponpes, Masyarakat dan UMKM Garut Dukung Airlangga Jadi Presiden

Kedua, sikap Prabowo yang jarang sekali mau terlibat dalam percakapan tentang capres 2024 diapresiasi publik sebagai sosok yang tidak ambisius nyapres seperti beberapa menteri lain dalam Kabinet Jokowi Jilid II. 

Ketiga, pernyataan-pernyataan Prabowo cenderung mengarah pada pencarian solusi daripada membangun kontroversi atas berbagai masalah nasional akhir-akhir ini.

Berdasarkan analisis Merdeka Institute, selain memiliki sentimen positif tertinggi, Prabowo mempunyai tingkat potential reach lebih tinggi dibandingkan capres lima besar lainnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Kartini, BRI Group Apresiasi 7.000 Perempuan dalam WOMAN 2022

“Ini menegaskan bahwa Prabowo akan jauh lebih melesat sebagai capres 2024 apabila Ketua Umum Partai Gerindra itu mulai serius dan masif memanfaatkan internet dan berbagai platform media sosial untuk pembentukan opini publik,” ucap Yafi.

Survei itu sendiri diselenggarakan selama 11 hari, yakni pada 9–20 April 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fajar.co.id