Rumah Tertimbun Longsor saat Buka Puasa

Rumah Tertimbun Longsor saat Buka Puasa

radartasik.com, Polsek Cikoneng  bersama masyarakat melakukan evakuasi material longsor yang terjadi di wilayah Dusun Cihirup RT/RW 019/007 Desa Sukamanah Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, Sabtu (15/4/2022) malam. Akibat kejadian ini badan jalan dan satu rumah milik Deni (42) di kampung tersebut tertutup material longsor.


Kapolsek Cikoneng Kompol Ipin Tasripin menjelaskan, tanah longsor terjadi akibat hujan deras melanda wilayah Kabupaten Ciamis, akibatnya tanah di kawasan tersebut labil dan menyebabkan longsor yang terjadi sekitar pukul 18.00.

“Akibatnya sekitar pukul 18.00 tebing longsor dan material menutup selokan, sehingga menyumbat hingga akhirnya masuk ke salah satu rumah warga,” ujar dia, menjelaskan.

“Selain menutupi selokan, material longsor juga masuk ke rumah milik Deni (42). Dari informasi tersebut pihaknya menerjunkan anggota Bhabinkamtibmas untuk membantu tim relawan lainnya membersihkan material longsor. Tidak butuh waktu lama, anggota bersama warga dan relawan lainnya berhasil membersihkan material longsor,” kata dia, menambahkan.

Lanjut dia, akibatnya rumah Deni tergenang air dan material longsor lainnya yang masuk ke rumah. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun korban mengalami kerugian ditaksir sekitar Rp 1 juta,” ujar dia, menjelaskan.

Deni, pemilik rumah mengaku tidak menyangka akan terjadi tebing longsor dan menimpa rumahnya.

“Saya saat itu lagi buka puasa tiba-tiba ada gemuruh yang keras dan air serta tanah masuk ke dalam rumah. Alhamdulillah keluarga selama, karena ketika air dan tanah masuk rumah semuanya langsung keluar menyelamatkan diri,” kata dia, menjelaskan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu membersihkan material longsor, sehingga malam hari sudah bisa selesai evakuasinya,” pungkas dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: