Optimis Produk Hortikultura Pasok Kota-Kota Besar

Optimis Produk Hortikultura Pasok Kota-Kota Besar

radartasik.com, Bupati Garut H Rudy Gunawan optimistis Kabupaten Garut bisa menjadi salah satu wilayah pemasok utama produk hortikultura di ibu kota dan kota-kota besar lainnya.

Rudy percaya diri karena Kabupaten Garut mempunyai lahan yang subur dan menjadi salah satu sentra produk pertanian di Jawa Barat.

“Berbagai produk pertanian, seperti sayuran banyak dipasok dari Garut. Bulan ini untuk memasok cabai di Hari Raya Idul Fitri, di Garut kurang lebih 400 hektare siap panen ini buktinya,” ujar Rudy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/4/2022).

Rudy meyakini pasokan sayuran seperti cabai tidak akan mengalami kelangkaan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Jangan khawatir dengan kondisi kelangkaan daripada cabai untuk Hari Raya Idul Fitri,” terangnya.

Tidak hanya cabai, beberapa hasil pertanian hortikultura seperti kol, wortel, tomat hingga kentang dalam kondisi melimpah dan siap dipanen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat dan kota lainnya.

“Jadi Kabupaten Garut siap memasok kebutuhan hortikultura untuk daerah ibu kota dan kota-kota besar lainnya,” terangnya.

Menurut dia, saat ini ada sekitar 14 komoditas pertanian, termasuk buah-buahan dengan pasokan melimpah dari Kabupaten Garut. Dari jumlah itu bidang hortikultura mendominasi, seperti kentang, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, kubis, wortel, tomat, paprika, kacang merah, kacang panjang, jahe, kunyit.

Sedangan untuk buah-buahan pasokan jeruk siem/kepok serta alpukat, memegang peranan penting dalam suplai beberapa pasar komoditas di wilayah Jawa Barat. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: