Polisi Harus Mahir Tangani Kebencanaan

Polisi Harus Mahir Tangani Kebencanaan

Radartasik, Ciamis- Polres Ciamis melaksanakan Binlat Bidang SAR dan K9 untuk jajaran Satuan Samapta Polres Ciamis, Jumat (3/6/2022).

Hal itu dilakukan supaya anggota kepolisian bisa mahir dalam tanggap kebencanaan.

Kasat Samapta Polres Ciamis AKP Cecep Edi Sulaeman mengatakan, binlat ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan personel Sat Samapta dalam penanganan kebencanaan dan pengendalian satwa K9.

“Kami minta kepada para personel Samapta Polres Ciamis agar memanfaatkan binlat ini secara maksimal dalam rangka peningkatan kemampuan individu maupun satuan. Sehingga ke depan dalam pelaksanaannya di lapangan dapat berjalan lancar,” jelas Cecep.

Kepala Tim K9 Samapta Polda Jabar Iptu Novian Yuga Prama menyampaikan, Binlat ini merupakan program kerja Dit Samapta Polda Jabar yang disampaikan ke jajaran di wilayah Polda Jabar. 

“Sehingga kemampuan dan keahlian di jajaran Polda Jabar dapat merata hingga di tingkat Polres,” paparnya.

Kata Novian, untuk materi yang disampaikan berupa pengenalan peralatan SAR dan metode pelaksanaan SAR. Selain itu juga disampaikan pengenalan mengenai Satwa K9 yang biasa digunakan Polri dalam membantu pencarian orang maupun mendeteksi penyelundupan ilegal. 

“Tentunya semua anggota polres wajib memahami atau mengusai kemampuan tersebut,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: