Tips dari Fawwas, Siswa Madrasah yang Diterima 5 Universitas Terbaik Dunia

Tips dari Fawwas, Siswa Madrasah yang Diterima 5 Universitas Terbaik Dunia

radartasik.com, TANGERANGSiswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong, Muhammad Fawwas Farhan Farhabi, sukses mencatatkan namanya sebagai pelajar Indonesia yang diterima kuliah di 5 universitas terbaik di dunia.

Kepada fin.co.id, Fawwas menjelaskan agar diterima kuliah di perguruan tinggi di luar negeri sebenarnya cukup mudah.

Menurut dia, salah satu kunci ingin diterima kuliah di luar negeri yang pertama adalah skor International Language Testing System (IELTS) harus lebih dari 6,5.

Karena, tambah dia, syarat untuk bisa kuliah di luar negeri harus bisa berbahasa Inggris.

”Jadi buat temen-temen yang berminat kuliah di luar negeri coba-coba daftar aja kalau skor IELTS-nya sudah lewat dari 6,5 insya Allah sih sudah aman,” kata Fawwas, Rabu (6/4/2022) malam.

Selain itu, kata dia, mereka yang ingin kuliah luar negeri harus memiliki rapor dengan nilai rata-rata di atas 85. ”Kalau Fawwas sih nilai rata-rata raport 91 tapi sebenernya untuk kuliah di luar itu nilai rata-rata di atas 85, itu sudah aman,” jelas dia.

Dia juga mengatakan kunci bisa lulus daftar kuliah di luar negeri yakni ada pada penulisan esai.

Kata dia, ada dua penulisan esai saat hendak mendaftar kuliah di universitas luar negeri, yakni esai untuk pengajuan beasiswa dan penulisan essay personal statement.

”Jadi sebenarnya semua tanpa tes paling untuk tes IELTS aja listening, speaking, reading, dan writing-nya harus didalami,” ujarnya.

Dia menambahkan para pelajar yang ingin kuliah di luar negeri jangan pernah takut untuk mencoba segala hal atas cita-cita yang ingin diraih.

Fawwas berpesan kepada para siswa yang gagal mengikuti SMPTN untuk tidak cepat putus asa dan tetap menguatkan tekad dengan terus menggantungkan cita-cita setinggi langit.

”Banyak jalan menuju Roma, tekadnya dikuatin, jangan takut untuk menggantungkan cita-cita kalian setinggi langit,” pungkasnya. (rikhi ferdian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: