Perkuat Edukasi di Posyandu Remaja

Perkuat Edukasi di Posyandu Remaja

radartasik.com, TASIK, RADSIK - Pos pelayanan terpadu atau yang banyak dikenal dengan Posyandu adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Mayarakat (UKBM). Posyandu saat ini, tidak hanya berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada bayi, balita, ibu hamil dan manula saja, tetapi Posyandu pun saat ini memberikan pelayanan untuk anak-anak usia remaja dan dikenal dengan sebutan Posyandu Remaja.


Salah satu Posyandu Remaja yang telah didirikan adalah Posyandu Remaja Bugelan Kecamatan Kawalu. Pembentukan Posyandu Remaja Bugelan ini merupakan kerja sama antara Puskesmas Kawalu dan Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes Tasikmalaya, melalui program pengabdian masyarakat yang menjadi bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Poltekes Kemenkes Tasikmalaya Dr Meti Widya Lestari SST menjelaskan bahwa dengan adanya Posyandu Remaja Bugelan diharapkan dapat menjadi pusat pelayanan juga pusat edukasi bagi remaja yang ada di sana, sehingga lebih terarah lagi. Karena pembelajaran yang diberikan kepada para remaja, tidak hanya tentang kesehatan saja, namun juga sesuai kebutuhan remaja.

“Materi pembelajaran yang kami berikan salah satunya tentang membangun jiwa kewirausahaan, ekonomi kreatif, kemudian tentang tumbuh kembang usia remaja, pendampingan remaja sehat dan produktif, juga tentang bahaya perbuatan kriminal dan persiapan para nikah,” jelasnya.

Melalui berbagai materi yang sudah diberikan ini, diharapkan remaja-tema di Bugelan Kecamatan Kawalu, bisa tumbuh menjadi remaja yang sehat, berakhlak, memiliki keterampilan, sehingga dapat terwujud masyarakat yang sehat, ama tentram dan sejahtera.

“Pembentukan Posyandu Remaja ini merupakan kerja sama antara kami dari Poltekes Kemenkes Tasikmalaya, yakni saya (Dr Meti Widya Lestari SST, red), Dr Hj Arit Tajmiati MPd, Sinar Pertiwi MPH, Dana Helmi Diana MKeb bersama dengan Puskesmas Kawalu, kelurahan, kecamatan kepolisian, juga Majelis Ulama Indonesia,” terangnya lagi usai memberikan materi di Posyandu Remaja Bugelan, belum lama ini.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di antaranya melatih remaja untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam bayam merah. Selain itu berbagai pelatihan seperti membuat sabun cuci tangan, sabun mencuci piring juga diberikan. Harapannya remaja-remaja di Bugelan bisa lebih kreatif, terampil dalam bidang usaha. (tin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: