Kecewa Pembangunan Telat

Kecewa Pembangunan Telat

radartasik.com, Bupati Garut H Rudy Gunawan kecewa dengan pemborong yang mengerjakan pembangunan peningkatan sejumlah ruas jalan. Pembangunan dinilai lamban, sehingga terancam tidak bisa terealisasi sesuai target, yakni sebelum arus mudik.

“Perbaikan jalan ini dilakukan bisa dinikmati para pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke Garut di libur Hari Raya Idul Fitri. Tetapi sekarang baru dikerjakan,” ujar Rudy kepada wartawan di Pendopo Garut, Senin (4/4/2022).

Rudy kecewa. Karena momentum Idul Fitri tidak akan tercapai. “Jadi momentum kita Idul Fitri menyediakan sarana yang baik untuk Idul Fitri terganggu, saya juga kecewa ya, jadi saya tegur ULP (Unit Layanan Pengadaan),” katanya.

Menurut Rudy, sejak awal sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) agar proses lelang bisa tepat waktu dan itu sudah dilaksanakan.

Sayangnya, ketika kontrak kerja sudah dikeluarkan, pemborong yang ditunjuk ternyata lambat mengerjakannya. Bahkan, ada yang sama sekali belum dikerjakan meski telah lebih dari 14 hari.

“Jadi kalau sampai Kamis dia (pemborong) tidak melaksanakan, saya batalkan, karena sudah lebih dari 14 hari kontrak. Kita ingin tepat waktu,” terangnya.

Rudy menegur ULP sebagai pihak yang menyelenggarakan lelang pekerjaan perbaikan jalan tersebut. Karena, dirinya ingin ULP mendapatkan pengusaha yang benar-benar bonafid dan mengerti program pemerintah daerah.

“(Jalan) Lingkar luar Leles itu untuk mudik, sekarang kan tidak bisa digunakan. Jadi tambah macet,” katanya.

Rudy memahami keluhan beberapa waktu lalu dari masyarakat yang merasa tidak nyaman dengan banyaknya jalan yang berlubang di beberapa daerah di Kabupaten Garut. Untuk itu, pihaknya mulai melakukan perbaikan-perbaikan.

“Bapak-ibu warga Garut hari ini kami mulai melakukan perbaikan-perbaikan itu, dan tentu kami berharap perbaikan ini akan tuntas sampai 2023, termasuk jalan provinsi yang menuju ke Pameungpeuk, yang menuju ke Bungbulang itu juga diperhatikan oleh bapak gubernur,” ujarnya.

Bupati menyampaikan permohonan maafnya atas ketidaknyamanan yang dirasakan warganya selama ini. Namun, hari ini ia melihat sendiri pihaknya kini sudah mulai melakukan beberapa perbaikan dan pembangunan ruas jalan di Kabupaten Garut.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum da Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut Luna Avriantini belum bisa memberikan banyak keterangan terkait keterlambatan pengerjaan perbaikan jalan tersebut karena dirinya sedang mengikuti rapat. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: