Gagal Masuk SMP Negeri, Siswa Dapat Kompensasi Rp 600 Ribu untuk SPP

Gagal Masuk SMP Negeri, Siswa Dapat Kompensasi Rp 600 Ribu untuk SPP

radartasik.com, TANGERANG SELATAN — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sangat identik dengan rebutan masuk sekolah berlabel negeri.

Dengan kuota yang terbatas, sekolah negeri tidak bisa mengakomodir semua lulusan khususnya dari tingkat sekolah dasar (SD) ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP) negeri.

Terkait ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyiapkan dana kompensasi sebesar Rp 600 ribu bagi siswa yang gagal seleksi PPDB Online SMP negeri pada tahun ini. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Deden Deni menjelaskan sebanyak 2.500 siswa yang tidak lolos masuk SMP negeri yang bakal menerima bantuan.

”Bantuan Rp 600 ribu ini berupa SPP di sekolah mereka nanti. Anggarannya sudah kita siapkan,” ujar Deden kepada media pada Senin (4/4/2022).

Deden Deni mengatakan bantuan itu bertujuan untuk meringankan biaya pendidikan siswa yang bersekolah di sekolah swasta.

”Kalau di sekolah swasta kan mereka masih harus bayar SPP. Kalau di negeri kan gratis SPP-nya,” jelas Deden.

Namun, lanjut dia, yang memperoleh bantuan ini khusus bagi siswa kurang mampu. ”Ya tentu ada kriterianya juga. Yang pasti bagi siswa kurang mampu ya,” tandas dia.

Terkait pelaksanaan PPDB yang saat ini memasuki tahap pembahasan juknis (petunjuk teknis), Deden menyatakan akan mengevaluasinya.

Berkaca pada pelaksanaan PPDB tahun lalu, pihaknya akan melakukan evaluasi dan pembenahan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan PPDB tahun ini.

”Kita lihat dari tahun-tahun sebelumnya, gimana permasalahannya? Titik permasalahannya apa? Itu yang kita perbaiki,” ujar Deden.
 
Dia mengatakan sistem PPDB dari tahun ke tahun memang terus dievaluasi, sehingga sejumlah persoalan dapat ditangani dan proses PPDB berlangsung tanpa hambatan.

”Relatif ada perbaikan dari tahun ke tahun, sehingga proses pelaksanaan PPDB masih tetap berjalan lancar, dan sesuai agenda,” ujarnya. (disway.id)

Sumber: https://www.radarbanten.co.id/siswa-tak-lolos-tes-masuk-smp-negeri-bakal-terima-dana-kompensasi-rp-600-ribu/3/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: