Sikat Gigi Saat Puasa Menurut Ustad Khalid Basalamah

Sikat Gigi Saat Puasa Menurut Ustad Khalid Basalamah

radartasik.com, JAKARTA — Banyak orang mengira segala sesuatu yang masuk ke dalam dapat membatalkan puasa. Lalu bagaimana dengan sikat gigi yang biasa dilakukan setiap hari.

Beberapa orang beranggapan bahwa sikat gigi membatalkan puasa. Sebagian orang lain berpendapat sebaliknya. Biar jelas simak penjelasan Ustad Khalid Basalamah.

Menurut dia, sikat gigi atau bersiwak tidak membatalkan puasa asal caranya benar. ”Boleh saja, enggak ada masalah,” ujar Ustad Khalid dilansir dari JPNN.com, Minggu (3/4/2022).

Hal itu dia ungkapkan ketika salah satu jamaah di pengajiannya bertanya apakah menyikat gigi bisa membatalkan puasa. ”Yang penting jangan ditelan, pura-pura wudu, tetapi minum air, itu lain,” kata Ustad Khalid Basalamah.

Dalam video lainnya, Ustad Khalid Basalamah juga tidak melarang menggosok gigi menggunakan odol. ”Boleh pakai odol atau tidak, yang penting jangan ditelan,” ujar dia.

”Nabi shallallahu 'alaihi wasallam selalu bersiwak saat berpuasa, jadi (sikat gigi) enggak ada masalah,” sambung dia.

Sementara mengutip situs Rumaysho, dijelaskan terkait perintah untuk bersiwak. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, ”Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk menyikat gigi (bersiwak) setiap kali berwudu.”

Imam Al Bukhari membawakan hadits di atas (tanpa sanad) dalam judul Bab ”Siwak basah dan kering bagi orang yang berpuasa”.

Judul bab ini mengisyaratkan bahwa Imam Al Bukhari ingin menyanggah sebagian ulama (seperti ulama Malikiyah dan Asy Sya'bi) yang memakruhkan untuk bersiwak ketika berpuasa dengan siwak basah. (mar10/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: