Buat Pasutri Wajib Tahu ! Bolehkan Mandi Junub Setelah Imsak?

Buat Pasutri Wajib Tahu ! Bolehkan Mandi Junub Setelah Imsak?

Radartasik.com - Ramadhan 2022 telah tiba. Mungkin ada pasangan suami istri (pasutri) baru yang khawatir, mandi junub setelah imsak, apakah sah puasanya?

Pertanyaan itu pun dijawab oleh Ustadz Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya melalui kanalnya di Youtube, Al-Bahjah TV pada 19 April 2019. Buya Yahya semula menjelaskan yang membatalkan puasa, yakni bersenggama pada siang hari secara sengaja.

"Siang di sini maksudnya setelah melewati adzan Subuh," kata Buya Yahya. Jadi, lanjut dia, kalau suami istri berenggama setelah melewati waktu adzan Subuh, maka puasa mereka batal. Pertanyaan selanjutnya, kalau tidak sengaja bagaimana? Buya Yahya mencontohkan bahwa ada pasutri yang memang jadwal mereka berhubungan pada setelah sholat Subuh.

Saat Ramadhan, mereka berhubungan dan baru setelahnya ingat bahwa mereka berpuasa. "Kalau yang seperti itu, rezeki. Puasanya sah, tinggal mandi (junub)," tutur Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, Jawa Barat tersebut.

Nah, sambung dia, mungkin ada pula suami yang ketika waktunya sahur, justru mengajak istrinya berhubungan. "Misal, si suami bilang 'aku malas sahur makan, aku mau sahur kamu saja'. Eh ketika selesai, tidak lama azan, belum sempat mandi. Itu puasanya sah, tinggal mandi junub saja," ucap Buya Yahya. Jadi, kesimpulannya, mandi junub setelah imsak itu diperbolehkan. (jpnn/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: