STT YBSI-Polbim Sinergi Membangun Desa Sukaasih

STT YBSI-Polbim Sinergi Membangun Desa Sukaasih

radartasik.comCivitas Akademika Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional (STT YBSI) berkunjung ke Desa Binaan Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Senin (28/3/2022).


Pada kunjungan kali ini STT YBSI menggandeng Politeknik Bisnis Mayasari (Polbim) dan Savisi Industri yang bergerak dalam pengembangan SDM.

Staff Humas dan Kerja Sama STT YBSI Tasikmalaya Rudi Hermawan mengatakan, dalam pertemuan ini dibahas beberapa hal mengenai potensi desa, sinergi dengan akademisi dan industri khususnya di bidang teknologi, pariwisata dan pengembangan sumber daya manusia.

Dari sisi teknologi, STT YBSI telah mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang dicanangkan untuk mendukung sumber daya listrik yang mengaliri wisata sungai di desa tersebut sepanjang 3 KM.

Selain itu, dari sisi pelayanan administrasi desa, STT YBSI mempersembahkan aplikasi khusus untuk desa mengenai Pelayanan Satu Pintu Adminitrasi Desa.

“Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat dapat mengajukan kebutuhan surat atau administrasi desa dari rumah, pada aplikasi ini disediakan fitur pengajuan administrasi, kelengkapan persyaratan hingga fitur untuk pengantaran surat dari desa ke rumah warga. Aplikasi ini direncanakan dapat dioperasikan pada tahun ini,” kata Rudi.

Selain desa dengan 1.000 potensi, administrasi dan teknologi menjadi salah satu kebutuhan juga agar semuanya berjalan beriringan sehingga bisa mewujudkan desa yang maju dan berteknologi.

Lanjutnya, Desa Sukaasih dialiri oleh kawasan Sungai Ciwulan dengan jarak sekitar 3 KM hal ini merupakan sebuah potensi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata desa.

STT YBSI mengajak Politeknik Bisnis Mayasari yang memiliki Jurusan Usaha Perjalanan Wisata yang mana hal ini menjadi salah satu fokus dari program studi ini.

“Ide pengembangan wisata yang dicanangkan oleh desa sudah sangat baik tentunya akan sangat lebih baik jika disinergikan dengan perencanaan yang baik mulai dari sisi tata kelola, ide-ide wisata sampai dengan sumber daya pengelola yang baik,” kata Kepala Program Studi UPW Polbim Nurlela.

Pertemuan kali ini, sambungnya, diakhiri dengan berjalan menelusuri kolam renang Soeka yang baru di-launching Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP pada 21 Maret 2022.

Kepala Desa Sukaasih Muhammad Umar Mahmudi SSI MPd mengatakan, kerja sama ini salah satu upaya menjadikan desa yang bisa berkolaborasi dengan siapapun. Menurutnya, desa merupakan tempat yang kaya akan potensi yang tidak bisa dikelola secara sendiri-sendiri.

Ketua STT YBSI Dewanto Rosian Adhy MT menyampaikan apresiasi yang sebesar - besarnya kepada kepala Desa Sukaasih telah membuka kesempatan untuk berkolaborasi, dengan adanya hal ini akademisi dapat dengan mudah untuk mencari permasalahan dan mengembangkan sebuah gagasan yang dapat dirasakan seacara langsung oleh masyarakat.

STT YBSI tersedia untuk mendukung setiap ide dari Pemerintah Desa Sukaasih mengajak setiap relasi yang kompeten untuk bersama — sama membangun desa yang merupakan salah satu program dalam MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka),” katanya.

STT YBSI bersama Politeknik Bisnis Mayasari merupakan perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Mayasari Bakti Utama yang memiliki program studi beragam, STT YBSI memiliki tiga Prodi S1 Teknik yaitu, Teknik Informatika Konsentrasi Smart City, Teknik Mesin Konsentrasi Otomotif dan Teknik Mekatronika. Polbim memiliki Prodi Akuntansi dan Keuangan Lembaga Syariah, Usaha Perjalanan Wisata dan Bisnis Digital. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: