Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1443 Hijrah Jatuh Hari Ahad 3 April 2022

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1443 Hijrah Jatuh Hari Ahad 3 April 2022

Radartasik.com, JAKARTA — Pemerintah melalui sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama menetapkan awal puasa Ramadhan 1443 Hijrah jatuh pada hari Minggu (Ahad) , 3 April 2022.

Keputusan hasil sidang isbat itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya, Jumat (01/04/2022), malam.

Diungkapkan Menag, berdasarkan perhitungan atau hisab di seluruh wilayah Indonesia ketinggian hilal berada pada posisi antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit.

“Ini adalah posisi hilal berdasarkan hisab,” ujar Menag Yaqut.

Gus Yaqut menerangkan, Kementerian Agama selalu menggunakan dua metode hisab atau perhitungan, dan metode rukyat atau melihat langsung hilal.

“Kedua metode ini adalah metode yang saling melengkapi satu dengan yang lain, karena keduanya sama pentingnya,” ujar dia.

Menag Yaqut mengungkap bahwa informasi hitungan hisab telah diinformasikan dengan laporan sejumlah Kemenag di daerah.


"Yang kita tempatkan pada tidak kurang pada 101 titik rukyat, di 34 provinisi seluruh Indonesia. Akan tetapi, tidak satu pun dari 101 titik tersebut melihat hilal,” jelas dia.

Karena itu, dengan dua hal tersebut di atas, berdasarkan hisab posisi hilal seluruh indonesia di atas ufuk tapi belum memenuhi tinggi 3 derajat.

“Bahwa 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Ahad 3 April 2022 Masehi. Ini hasil sidang isbat dan disepakati bersama,” ujarnya. (ruh/pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: