Pentas PAI Cetak Siswa Cerdas dan Bertakwa

Pentas PAI Cetak Siswa Cerdas dan Bertakwa

radartasik.com, Pekan Olahraga, Seni, dan Kreativitas (Porsivitas) Kecamatan Cihideung mewujudkan generasi yang beriman dan bertakwa.

Misi ini diwujudkan dengan gelaran cabang mata lomba Pentas Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) jenjang sekolah dasar (SD) negeri dan swasta di Kompleks SDN Cieunteung, Senin (28/3/2022).

Mata lombanya yakni Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Hifzil Qur'an, Kasidah/Rebana, Kaligrafi, Pildacil, KesemA­purnaan Bacaan dan Gerakan Salat, Azan dan Lomba Cerdas Cermat Keagamaan.

Dengan begitu memA­berikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri, bakat, miA­nat, kemampuan dan potensi pada aspek keterampilan dan seni PAI.

Ketua Panitia Pentas PAI Kecamatan Cihideung Acep Rahmat SPdI menyampaikan, dalam Pentas PAI ini, sebanyak 19 SD berpartisipasi. Dengan tujuan sekolah peningkatan pendidikan karakter dan melihat minat bakat siswa dalam bidang keagamaan.

Pentas PAI ini untuk melihat bakat siswa dalam bidang keagamaan. Diharapkan selain prestasi juga menambahkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada diri mereka,” katanya kepada Radar, Senin (28/3/2022).

Oleh karenanya, sambung Acep, keberhasilan dan kesuksesan Pentas PAI di Kecamatan Cihideung yang berkualitas ini, terletak pada peran guru PAI. Karena yang melihat potensi dalam siswa terhadap bakat siswa.

“Peran guru PAI memberikan peA­luang kepada siswa untuk belajar dan mendapatkan bimbingan agar muncul bakat dalam bidang Azan, MTQ, Kasidah, dan lainnya,” ujarnya.

Dengan munculnya peserta Pentas PAI yang berkualitas tersebut, nantinya yang mewakili juara satu diikutsertakan ke tingkat kota dari beberapa SD di Kecamatan Cihideung. Tentunya ingin lebih banyak untuk mewakili ke Pentas PAI tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Kecamatan Cihideung dalam Pentas PAI ini sering menyumbang peserta ke tingkat kota, biasanya pada mata lomba Kasidah, Tahfiz, dan Kaligrafi. Bahkan, untuk Tahfiz pernah masuk ke tingkat provinsi,” katanya.

Selain itu, ia pun mengumumkan dalam juara Pentas PAI di Kecamatan Cihideung 2022 adalah SDN 2 Nagarawangi.

Ketua KKG PAI Kota Tasikmalaya Dr Caswita SPdI MAPd menyampaikan, seleksi Pentas PAI ke tingkat Kota Tasikmalaya rencana akan dilaksanakan 25 Mei 2022 secara luring. Oleh karenanya, kali ini pihaknya sedang mengecek pelaksanaan Pentas PAI di setiap kecamatan sudah sejauh mana, terutama kesuksesannya.

“Karena Pentas PAI di kecamatan akan menjadi calon peserta di tingkat kota, kita mengecek kelancarannya. Dengan begitu mampu menghasilkan kader-kader yang berkualitas,” ujarnya.

Tujuannya agar lebih baik daripada tahun kemarin dalam capaian hasil Pentas PAI tingkat Provinsi Jawa Barat. Untuk tahun kemarin, kontingen Kota Tasikmalaya berhasil mendapatkan juara di kaligrafi dan Azan.

“Biasanya di tingkat Kota Tasikmalaya meraih juara dua, dan juara tiga di tingkat Provinsi Jawa Barat. Tahun ini semoga lebih daripada biasanya,” katanya.

Untuk mencapai itu, pada adaptasi baru ingin meraih kembali prestasi yang lebih baik. Oleh karenanya, KKG PAI Kota Tasikmalaya akan melaksanakan fokus pembinaan khusus kepada juara peserta Pentas PAI nantinya dalam latihan.

“Caranya dengan menggandeng pihak-pihak eksternal. Misalnya peserta untuk ke tingkat provinsi kita mengajak sanggar kaligrafi di Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Selain itu, dengan begitu banyak manfaat Pentas PAI tersebut, memA­buat sekolah dan guru PAI berusaha atau berlomba-lomba melatih dan melihat bakat siswa dengan sebaik dan sempurna mungkin. Tentunya untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang PAI.

“Ketika ada Pentas PAI, sekolah mampu menggali atau mengasah potensi prestasi anak-anak. Ternyata mereka bisa hafalan Al-Qur'an, kesenian musik, ceramah agama,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: