STT YBSI Wujudkan Desa Digital, Smart Campus Menyongsong Era Metaverse

STT YBSI Wujudkan Desa Digital, Smart Campus Menyongsong Era Metaverse

radartasik.com, RADAR TASIK - Asosiasi Perguruan Tinggi dan Komputer (Aptikom) Provinsi Jawa Barat menggelar Musyawarah Aptikom Provinsi Jawa Barat Ketiga di Gedung Dharma Telkom University Bandung, Rabu (23/3/ 2022).


Dalam rangkaian acara musyawarah tersebut Aptikom bekerja sama dengan Telkom University menyelenggarakan Seminar Nasional (Webinar) dengan tema Smart Campus Menyongsong Era Metaverse.

Dalam rangkaian kegiatan ini pula dilaksanakan penandatanganan kerja sama Desa Jabar Digital Service antara Aptikom dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat, salah satunya dengan STT YBSI yang diwakili oleh Staff Humas dan Kerja sama STT YBSI Tasikmalaya Rudi Hermawan ST.

Ketua STT YBSI Dewanto Rosian Adhy MT mengatakan, STT YBSI Tasikmalaya bersama Aptikom Provinsi Jawa Barat bersepakat untuk bersinergi dalam melaksanakan program Desa Digital dalam rangka pemberdayaan dan Peningkatan taraf hidup masyarakat desa melalui Literasi Digital, Internet Of Things dan ragam inovasi lainnya.

“Ini upaya mewujudkan desa-desa di Jawa Barat yang mandiri secara digital, sejalan dengan program Jabar Digital Service (JDS) yang digagas oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Kampus STT YBSI Tasikmalaya yang merupakan salah satu kampus di bawah naungan Keluarga Mayasari, yang berlokasi di Kompleks Mayasari Plaza jalan Pasar Wetan Cihideung Kota Tasikmalaya memang memiliki hubungan dekat dengan beberapa desa.

“Program Desa Jabar Digitial Service ini sejalan dengan apa yang sedang kita lakukan untuk mewujudkan amanah Perguruan Tinggi dalam MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yaitu mengenai Membangun Desa,” ujarnya.

STT YBSI memang memiliki beberapa Desa Binaan, salah satunya Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna yang baru-baru ini launching sebagai Desa Wisata.

STT YBSI dengan Desa Sukaasih sedang berkolaborasi untuk membuat sebuah sistem pelayanan satu pintu administrasi desa dan pengembangan produk pembangkit listrik tenaga mikro hidro,” terangnya.

Dengan Penandatanganan kerja sama ini, kampus STT YBSI berharap dapat lebih banyak lagi bersinergi dengan beberapa perguruan tinggi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya untuk Masyarakat Desa.

STT YBSI meyakini bahwa desa merupakan aktor penting dalam proses transformasi digital khususnya di Jawa Barat. “Dalam Waktu dekat kita akan menawarkan kerja sama kepada beberapa desa untuk melaksanakan Workshop Penguatan Literasi Digital dan diskusi untuk pengembangan potensi desa yang dapat dikembangkan khususnya dari sisi Teknologinya,” katanya.

STT YBSI Tasikmalaya, memang sedang gencar membangun dari mulai SDM sampai kepada fasilitas sarana dan prasarana. Saat ini STT YBSI sedang melakukan pembangunan gedung Kampus Baru di Jalan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. (rls/na)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: