Wagub: Tak Usah Lagi Cari Kerja ke Kota

Wagub: Tak Usah Lagi Cari Kerja ke Kota

radartasik.com,Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum meminta masyarakat di pedesaan tidak lagi mencari pekerjaan ke kota. Karena saat ini masyarakat bisa memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai lahan pekerjaan.


“Kalau dikelola dengan baik, BUMDes ini bisa menjadi lahan pekerjaan. Jadi tidak usah pergi ke kota untuk mencari pekerjaan,” ujar Uu usai membuka Gebyar Desa dan BUMDes Tingkat Kabupaten Garut tahun 2022 di Desa Wanajaya Kecamatan Wanaraja, Senin (28/3/2022).

Uu menerangkan, BUMDes bisa menjadi lapangan pekerjaan untuk masyarakat, karena potensi di desa masing-masing bisa dikelola dengan baik, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya.

“Sudah tidak layak orang desa miskin, karena potensinya ada. Tinggal dikembangkan saja,” ujarnya

Uu mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan desa sebagai fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan memberdayakan BUMDes.

“Termasuk hari ini adalah untuk membangkitkan giroh para kepala desa untuk berinovasi berkolaborasi dengan cara digitalisasi,” katanya.

Menurutnya, setiap desa khususnya di Provinsi Jabar memiliki potensi yang luar biasa. Di antaranya di bidang pertanian, perikanan maupun hal lainnya.

“Makanya saya berharap orang yang sekolah di kota setelah tamat jangan kerja di kota, balik ke desa untuk membangun desa itu sendiri,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Nurdin Yana menyampaikan saat ini BUMDes Barokah Jaya dari Desa Wanajaya sudah mulai berkolaborasi dengan beberapa instansi, hal itu untuk memudahkan beberapa pelayanan, salah satunya yaitu pembayaran pajak kendaraan.

“Jadi setelah kami tadi itu dengan pak wagub (lihat) secara akumulatif, kan alhamdulillah, kita itu banyak kreativitas yang kita bangun yang sebetulnya itu jadi modal kita. Jadi insya Allah sekarang BUMDes melalui proses pendekatan manfaat atau dengan kolaborasi dengan teman-teman bank perbankan,” katanya.

Kepala DPMD Provinsi Jabar Dicky Saromi menuturkan, tujuan dari kegiatan ini adalah menggebyarkan potensi dan keunikan desa sekaligus menjadikan desa sebagai barometer keberhasilan dalam membangun Jabar Juara.

“Apa yang kita lakukan ini nanti akan terus dirangkai kan dengan kegiatan desa-desa lain, yang ada di seluruh Jawa Barat karena masing-masing desa di seluruh Jawa barat itu mempunyai keunikan dan mempunyai potensi khususnya bagi mereka yang juga menjalankan ekonomi desa melalui BUMDes,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: