Mafia Minyak Goreng, MAKI Daftarkan Gugatan Praperadilan Hari Ini

Mafia Minyak Goreng, MAKI Daftarkan Gugatan Praperadilan Hari Ini

radartasik.com, JAKARTA — Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) akan mengajukan gugatan praperadilan untuk menuntut pertanggungjawaban Kementerian Perdagangan (Kemendag) atas kelangkaan minyak goreng yang terjadi beberapa bulan terakhir.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman berencana mendaftarkan gugatan tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hari ini, Selasa (29/3/2022).

”Gugatan ini reaksi atas ingkar janji Menteri Perdagangan terkait batalnya penetapan tersangka mafia minyak goreng,” ujar dia dalam keterangannya, Senin (28/3/2022).

Boyamin mengingatkan Direktorat Jenderal Perlindungan dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI memiliki 73 penyidik PNS bidang perlindungan konsumen dan perdagangan.

Karena itu, Kemendag jelas memiliki sumber daya untuk menyelidiki secara seksama penyebab kelangkaan minyak goreng.

Dia meyakini kelangkaan yang telah menyusahkan masyarakat akhir-akhir ini merupakan ulah segelintir pengusaha atau mafia minyak goreng.

”Oknum-oknum tersebut mempermainkan stok dan harga minyak goreng hingga masyarakat kesulitan mendapatkannya di pasaran,” papar dia.

Dia makin yakin ketika Mendag M Lutfi pada Jumat pekan lalu mengeklaim bahwa pihaknya telah mengantongi nama para calon tersangka penimbun minyak goreng.

Ketika itu Menteri Lutfi berjanji mengungkapkan nama-nama para tersangka pada hari Senin tanggal 21 Maret 2022.

Pada hari yang dijanjikan, lanjut dia, Mendag ternyata tidak menyampaikan nama tersangka.

”Melalui praperadilan ini hakim tunggal pemeriksa perkara diharapkan memerintahkan Menteri Perdagangan untuk menetapkan tersangka,” tambah Boyamin. (ant/dil/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: