Jalani Ratusan Kali Cuci Darah Tak Seperpun Keluarkan Biaya

Jalani Ratusan Kali Cuci Darah Tak Seperpun Keluarkan Biaya

radartasik.com, Penyakit ginjal kronis adalah kondisi dimana saat fungsi ginjal mengalami penurunan secara bertahap karena kerusakan ginjal.


Kondisi gagal ginjal kronis mengakibatkan cairan dan elektrolit serta limba di dalam tubuh menumpuk. Kondisi penderita gagal ginjal dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan cuci darah.

Eli Sumiati (38) tervonis gagal ginjal sejak 2018 silam. Eli harus menjalani Empat tahun Pengobatan cuci darah atau yang lebih dikenal dengan hemidialisa. Setiap seminggu dua kali ia harus bertemu jarum dan selang darah demi menstabilkan dungsi ginjalnya.

“Sejak 2018 saya sudah harus menjalani cuci darah secara rutin seminggu dua kali, pada hari Selasa dan Jumat di RSU Jasa kartini sampai dengan sekarang kurang lebih sudah empat tahun. Jika dihitung mungkin sudah ratusan kali saya menjalani cuci darah ini. Setiap saya menjalaninya dalam hati saya selalu berdoa dan selalu yakin semua ujian ini pasti ada hikmahnya,” ujar Eli, Senin (21/02).

JKN-KIS menjadi solusi bagi Eli dan seluruh pasien cuci darah untuk kembali produktif. Oleh karena itu, Eli sangat berterima kasih kepada pemerintah atas hadirnya BPJS, Eli bersyukur pemerintah memperhatikan kesehatan masyarakat dengan adanya program JKN-KIS.

“Bagi orang yang sudah merasakan manfaat dari program ini seperti saya, berharap program ini terus ada. Akses pelayanan dari program ini sangat mudah, saya dilayani sangat baik saat cuci darah. Saya sangat bersyukur karena pemerintah memperhatikan kesehatan masyarakat melalui Program JKN-KIS ini. Semua biaya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan, baik itu tindakan cuci darah, obat-obatan, transfusi darah, semua gratis,” tuturnya.

Eli juga berterimakasih kepada peserta JKN-KIS yang selalu disiplin membayar iuran. Iuran dari peserta JKN-KIS sangat membantu peserta JKN-KIS yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan seperti dirinya.

“Saya bersyukur hadirnya BPJS Kesehatan ini, saya pun berterima kasih kepada seluruh peserta yang rutin membayar iuran dan ikut berpartisipasi penuh terhadap program ini, karena iuran dari peserta yang sehat telah menolong saya agar terus bisa menjalani cuci darah dengan tenang, sudah ratusan kali saya jalani, tidak pernah sekalipun saya harus membayar. Program ini memang sangat luar biasa manfaatnya,” ujar Eli. (BS/ha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: