Kenalkan Arung Jeram Lewat Festival Cimanuk 22

Kenalkan Arung Jeram Lewat Festival Cimanuk 22

radartasik.com, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Garut mengadakan Festival Cimanuk 22. Kegiatannya difokuskan di sepanjang Sungai Cimanuk, tepatnya di Kampung Patrol Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi, Sabtu (26/3/2022).


Dalam kegiatan Festival Cimanuk 22 itu ada beberapa kegiatan yang diadakan, seperti arung jeram bersama, sharing session hingga coaching clinic terkait teknik-teknik arung jeram, baik itu untuk wisata atau guiding dan juga arung jeram untuk prestasi.

“Kegiatan ini juga diikuti dari kalangan pecinta alam, atlet arung jeram, dan pegiat wisata,” ujar Ketua Pelaksana Festival Cimanuk 22 Roni Kadar Ginanjar kepada wartawan, kemarin.

Roni menerangkan, Festival Cimanuk diselenggarakan untuk memperkenalkan bahwa Kabupaten Garut memiliki potensi wisata arung jeram dan Sungai Cimanuk merupakan sungai yang aman dan ramah untuk wisata arung jeram.

“Output yang dihasilkan sebenarnya selain memasyarakatkan arum jeram, juga memperkenalkan destinasi wisata arung jeram di Kabupaten Garut,” terangnya.

Roni menjelaskan, tindaklanjut dari festival adalah adanya persamaan persepsi mengenai arung jeram. Selain ingin menyosialisasikan arung jeram sebagai kegiatan olahraga dan pariwisata, juga ada sisi petualangan dan konservasinya.

Melalui festival pula pihaknya berharap bisa menghasilkan bibit-bibit atlet arung jeram yang berprestasi di tingkat nasional. Apalagi, kata Roni, rencananya Kabupaten Garut akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022, khususnya dalam cabor arung jeram.

“Alhamdulillah kita sudah mendapatkan prestasi di Porda sebelumnya dengan masuk ke peringkat dua dan tiga,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut Usep Basuki Eko menyambut baik penyelenggaraan Festival Cimanuk 22. Melalui acara tersebut, FAJI Garut telah membantu tugas-tugas tentang pengembangan olahraga arung jeram maupun wisata.

“Kegiatan ini memadukan antara prestasi dan wisata. Diselenggarakannya Festival Cimanuk tahun 2022 akan memperkenalkan kepada masyarakat tentang potensi wilayah Kabupaten Garut, khususnya untuk olahraga arung jeram,” ujarnya.

Olahraga arung jeram di Kabupaten Garut, kata Eko, perkembangannya pesat dibandingkan daerah lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya pertandingan cabang olahraga (cabor) arung jeram dalam perhelatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Garut tahun kemarin.

Ia berharap dengan diselengA­garaA­kannya Festival Cimanuk 22, perkembangan prestasi di cabor arung jeram bisa berbanding lurus dengan tumbuhnya wisata olahraga, khususnya wisata olahraga arung jeram.

“Mudah-mudahan untuk ke depan prestasi dalam arung jeram juga bisa meningkat, karena terbukti pernah ada atlet kita yang bisa menjadi juara dunia,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: