Ayo! Awasi Pembangunan Jalan

Ayo! Awasi Pembangunan Jalan

radartasik.com, RAKYAT GARUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mulai mengerjakan pembangunan infrastruktur berupa jalan di perkotaan dan selatan Garut.

Bupati Garut H Rudy Gunawan pun mulai melakukan launching untuk pengerjaan infrasturktur di wilayah perkotaan.

Salah satunya yakni melakukan pengerjaan hotmix jalan yang ada di beberapa ruas jalan, seperti di wilayah Kecamatan Banyuresmi, Samarang, Karangpawitan hingga di wilayah selatan Garut.

“Untuk di wilayah selatan ada delapan titik ruas jalan yang sedang diperbaiki saat ini,” ujar Rudy kepada wartawan, Minggu (27/3/2022).

Rudy menerangkan, untuk jalan di wilayah perkotaan yakni ruas Jalan Ahamad Yani hingga Bunderan Suci, Jalan Karangpawitan, Jalan Pembangunan sampai depan RSUD dr Slamet Garut, Jalan Bank, Jalan Veteran, Jalan Siliwangi dan Jalan Kabupaten.

Selain itu, untuk Kecamatan Samarang yang akan dimulai pengerjaan yakni ruas jalan menuju Sampireun.

Di Kecamatan Leles dan Kadungora, yang akan mulai dilakukan perbaikan yakni Jalan Lingkar Leles dan Jalan Soekarno Hatta atau Lingkar Kadungora serta Lingkar Selamanya.

“Jadi semua ruas jalan yang rusak akan segera diperbaiki. Kami targetkan tahun 2023 semua jalan perkotaan akan diperbaiki semuanya,” terangnya.

Rudy menerangkan, perbaikan jalan akan dimaksimalkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. “Kami targetkan di tahun 2024, 95 persen jalan di Kabupaten Garut mulus,” terangnya.

Rudy mengajak semua pihak, termasuk masyarakat membantu mengawasi pengerjaan pembangunan. “Mari kita awasi pengerjaan pembangunan jalan ini, supaya speknya sesuai dengan anggaran yang digunakan,” terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut Luna Aviantrini mengatakan akan melakukan ujicoba aspal plastik. Ujicoba akan dilakukan di jalur perkotaan dengan panjang kurang lebih 20-30 km di tahun 2022.

“Kita rencanakan ini di jalan-jalan perkotaan di dalam kota, ada Jalan Pembangunan, ada Jalan Tarogong-Samarang, untuk saat ini segitu dulu bertahap,” ungkap Luna, Minggu (27/4/2022).

Luna menerangkan, uji coba aspal pastik dilakukan sebelum diterapkan di seluruh ruas jalan yang dikelola Pemkab Garut. Aspal plastik ini diklaim lebih tahan lama, sehingga jalannya tidak mudah rusak.

Selain melakukan ujicoba, pihaknya juga terus mengebut perbaikan jalan yang kondisinya rusak. Beberapa ruas jalan yang saat ini akan diperbaiki mulai Jalan Lingkar Luar Leles, Cibudug sampai Cipicung di Banyuresmi. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: