Demi Dukung Ganjar Pranowo, Bu Endang Rela Kepala Pelontos

Demi Dukung Ganjar Pranowo, Bu Endang Rela Kepala Pelontos

radartasik.com, SURABAYA — Puluhan orang di Kota Surabaya menggelar aksi menggundulkan rambut. Satu di antara puluhan orang yang rela berkepala pelontos adalah perempuan.


Mereka adalah sukarelawan yang tergabung dalam Gerakan Aspirasi Masyarakat Nusantara atau Gema Nusantara Jawa Timur.

Aksi yang dilakukan di Jalan Babatan Pilang Raya Kota Surabaya itu sebagai bentuk dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden (capres) periode 2024-2029.

”Deklarasi ini dari suara rakyat, bukan atas nama partai maupun elemen elemen politik lainnya. Ini adalah keinginan masyarakat yang disalurkan melalui gerakan aspirasi,” kata Ketua Gema Nusantara Jatim Ismoko Irianto, Minggu (27/3/2022).

Dia menerangkan sukarelawan menginginkan Ganjar Pranowo diusulkan sebagai capres melalui jalur PDI Perjuangan. ”Karena beliau adalah kader terbaik,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya memohon kepada Megawati Soekarnoputri untuk merestui dan memberi rekomendasi kepada Ganjar Pranowo sebagai capres. 

”Ganjar sendiri kinerjanya konsisten sampai sekarang, bahkan sampai menyentuh kalangan masyarakat hingga ke tingkat paling rendah,” katanya.

Ismoko juga menilai Ganjar Pranowo merupakan sosok yang sangat toleran dan menghormati seluruh lapisan masyarakat, mulai dari agama hingga suku budayanya. 

”Bukan masalah pilpres masih jauh, kami mohon suara kami didengar Bu Mega selaku Ketua Umum PDI Perjuangan yang mengetahui isi hati dari masyarakat, khususnya di Jawa Timur,” kata dia.

Ismoko juga menuturkan anggota Gema Nusantara itu bukan hanya dari Surabaya, tetapi juga luar kota, seperti Jember, Jombang, Tulungagung, Magetan, dan Lamongan.

Dia berharap nantinya teman-teman antarprovinsi juga bisa menggalang dukungan.

Seorang sukarelawan wanita, Endang Sri Rejeki (53), mengaku rela menggunduli rambutnya karena terinspirasi dari solidaritas Ganjar Pranowo terhadap para pasien kanker.

”Potong rambut itu mencontoh Pak Ganjar Pranowo. Beliau sangat respek dengan masalah pasien kanker internasional. Saya ikhlas untuk dukung Pak Ganjar,” jelasnya.

Di mata Endang, Ganjar merupakan sosok yang rendah hati dan tidak sombong. ”Intinya merakyat. Harapan untuk Pak Ganjar sendiri dapat rekomendasi dari Bu Mega,” ucap Endang.


Sehari sebelumnya, Sabtu (26/3/2022), sejumlah petani tebu di Nganjuk, Jawa Timur, melakukan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024.

Mereka sengaja mendukung Ganjar karen dianggap bisa memperjuangkan hak-hak yang selama ini belum didapat oleh para petani tebu.

”Dari tebu yang manis ini, petani hanya merasakan pahitnya saja. Maka kami membutuhkan pemimpin yang berpihak kepada kami,” kata Haryono selaku Ketua DPC Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Gempolkrep Mojokerto, dalam siaran persnya.

Haryono mengatakan selama ini Ganjar memiliki sifat yang santun, tidak arogan, dan peduli kepada petani. Hal itu membuat Ganjar dinilai sudah cocok sebagai pemimpin Indonesia, bukan hanya suatu daerah.  

”Sosok yang kami harapkan ada di Ganjar. Beliau memang dikenal sebagai pemimpin merakyat dan peduli kepada petani,” ujar dia.

Selain melakukan deklarasi, petani tebu membagikan sembako untuk warga sekitar sebanyak 300 paket. Mereka juga menggelar kegiatan sarasehan dengan tema Tantangan Petani Tebu Jelang Musim Giling 2022 dan menyuguhkan pagelaran wayang kulit sebagai hiburan untuk warga Nganjuk. (cuy/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: