Barista Bersaing di JCC 2022 Berebut Tiket ke Amerika

Barista Bersaing di JCC 2022 Berebut Tiket ke Amerika

Radartasik.com - Puluhan barista Tanah Air menunjukkan kebolehan dalam meracik dan mengolah kopi dalam kompetisi Jakarta Coffee Championship (JCC) 2022. Acara ini sudah bergulir di Mal Kota Kasablanka pada 23 Maret lalu, dan akan berakhir pada 27 Maret hari ini.

Salah satu 'cabang' yang dilombakan di sini adalah cup taster. Dalam kompetisi ini, para barista harus menemukan satu cup kopi yang berbeda dari tiga cup kopi yang tersaji. Poin perbedaan antara kopi satu dengan lainnya bisa berupa tingkat rasa, seperti bagaimana kadar manis atau pahit dalam setiap cup kopi. 

Aroma ataupun kadar keasaman kopi tersebut juga dapat menjadi pembanding. Kontestan yang dapat menebak paling akurat dan cepat akan menjadi pemenang.

Pemenang kejuaraan ini nantinya akan mendapatkan tiket mewakili Indonesia ke acara Social Coffee International (SCI) di Portland, Amerika Serikat. Jawara JCC 2022 akan diterbangkan ke Negeri Paman Sam untuk studi banding mengenai pengembangan industri kopi di sana.

JCC 2022 sendiri mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Deputi bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI Faisal Abdullah mengatakan, kejuaraan ini dihelat bukan tanpa alasan. Selain karena fenomena kopi dan profesi barista yang tengah naik daun, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia.

“Kejuaraan ini menjadi pemecut industri perkopian, termasuk cara pengolahannya kepada masyarakat luas,” ujar Faisal.

Faisal menambahkan, pemenang JCC 2022 yang diterbangkan ke Portland nanti diharapkan bisa menyerap banyak ilmu untuk diterapkan di sini. “Amerika menjadi salah satu negara yang sukses mengolah kopi menjadi mendunia seperti Starbucks. Nanti akan belajar ke sana soal industrinya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, perkembangan bisnis tempat ngopi maupun kafe tengah melejit, baik yang berlokasi di perkotaan hingga ke daerah. Saat ini, Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia, dengan rata-rata produksi sekitar 700 ribu ton per tahun atau sekitar 9 persen dari produksi kopi di dunia.

Direktur PT Fomatama Mega Kreasi, Indra Kusnadi selaku penyelenggara JCC 2022 mengatakan, acara ini juga diramaikan 20 UMKM sektor kopi binaan kementerian. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan menawarkan ragam produk yang kualitasnya sudah terjamin.

“Dari binaan kementerian ada sekitar 20 pelaku usaha. Sisanya dari pihak swasta. Mereka berkesempatan mempromosikan produk kopi mereka,” ungkap Indra.

Menurut Indra, dalam gelaran pertama di 2021, jumlah transaksi mencapai Rp 1 miliar selama acara berlangsung. Tahun ini, ia berharap jumlahnya bisa lebih dari itu.

“Lewat acara ini, kami ingin mengangkat derajat kopi Tanah Air lebih tinggi. Harapannya, ekspor makin meningkat dan pemuda-pemuda ini bisa lebih maju dengan menggunakan kopi sebagai kendaraanya,” pungkas Indra. (jpg/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: