Warga Senang Bisa Ziarah ke TPU Jelang Puasa

Warga Senang Bisa Ziarah ke TPU Jelang Puasa

Radartasik.com - Sebagian besar masyarakat muslim berziarah ke makam sanak keluarga tercinta menjelang Ramadan. Selama dua tahun terakhir, pemerintah melarang kegiatan ziarah karena kasus Covid-19 yang meningkat, namun di masa transisi endemik, kini Tempat Pemakaman Umum (TPU) sudah dapat dikunjungi.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com di TPU Tanah Kusir akhir pekan ini, mulai ramai dikunjungi masyarakat peziarah sejak pagi hari. Kemacetan yang mengular kembali terjadi mulai dari pintu akses masuk pemakaman hingga sepanjang jalur jalan raya.

Pembukaan kembali TPU bagi para peziarah juga menjadi berkah bagi para pedagang bunga, penjaga makam, petugas kebersihan makam, hingga tukang parkir. Ramadan dan menjelang Lebaran menjadi momentum yang paling ditunggu oleh mereka. Sebab, mereka mendapatkan pendapatan yang lebih dari kegiatan tradisi setiap tahun tersebut untuk dana tambahan di hari raya.

“Alhamdulilah pemerintah sudah buka lagi makam buat ziarah. Jadi rezeki juga buat kita,” kata petugas pembersih makan Sadeli kepada JawaPos.com, Sabtu (26/3).

Begitu juga dengan pedagang bunga yang pendapatannya meningkat karena banyaknya peziarah yang datang. Salah satu pedagang bunga, Risa mengaku, jika selama dua tahun pendapatannya menurun karena kebijakan pembatasan, kini omzetnya mulai menggeliat.

“Alhamdulilah, tahun-tahun kemarin kan sepi. Nggak boleh orang ziarah ada corona. Sekarang memang belum kayak dulu tapi lumayan,” tuturnya.

Sedangkan salah satu peziarah Indah mengapresiasi pemerintah yang kembali membuka izin TPU untuk kegiatan ziarah. Sehingga, Ia bersama keluarga dapat mengunjungi makam orang tua yang telah tiada. Sebab, hal itu menjadi momen khusus juga bagi Ia dan saudara kandungnya berkumpul.

“Seneng sih biasa ziarah lagi. Kadang kita yang sudah berkeluarga, sebelum puasa kumpulnya disini, di makam Mama. Berdoa bersama, habis dari sini ya makan-makan. Setiap tahun begitu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali membuka Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk masyarakat yang akan berziarah menjelang bulan suci Ramadan. Hal itu seiring dengan pelonggaran kebijakan pemerintah yang menetapkan status DKI Jakarta menjadi PPKM level 2.

Kabid Pemakaman Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Siti Hasni mengatakan, pembukaan TPU bagi masyarakat umum untun berziarah berlaku untun semua TPU di DKI Jakarta. “Bisa (dibuka di seluruh TPU),” ujarnya kepada JawaPos.com, Jumat (25/3).

Kini masyarakat dapat kembali berziarah ke makan keluarga tercinta setelah tahun lalu sempat dilarang dalam rangka menekan angka kenaikan kasus Covid-19 dan mencegah penularan di klaster pemakaman.

Pembukaan kembali pemakaman untuk kegiatan berziarah menjadi salah satu bukti Indonesia tengah melakukan transisi dari pandemi menjadi endemik. Masyarakat dapat melakukan kegiatan mobilitas dan keagamaan dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Adapun protokol kesehatan Covid-19 yang masih diterapkan di tempat umum diantaranya tetap menggunakan masker. Hal itu dilakukan untuk menjaga dari terpaparnya virus Covid-19. (jpg/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: