Alhamdulillah, Masjid Istiqlal Dibuka Normal Selama Ramadan, Bisa Dipakai Bukber dan Salat Tarawih

Alhamdulillah, Masjid Istiqlal Dibuka Normal Selama Ramadan, Bisa Dipakai Bukber dan Salat Tarawih

Radartasik.com, Setelah nyaris dua tahun beribadah dalam keterbatasan, karena pandemi Covid-19, alhamdulillah tahun ini, Masjid Istiqlal di Jakarta dan masjid lainnya akan dibuka normal kembali.


Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar mengungkapkan, seluruh rangkaian ibadah bulan Ramadan bakal digelar di Masjid Istiqlal. Mulai tradisi buka puasa bersama (bukber), salat Tarawih berjemaah, hingga iktikaf di 10 hari terakhir Ramadan.

”Presiden juga sudah menginstruksikan untuk kembali ke masjid. MUI pun mengimbau masjid dimaksimalkan pada bulan puasa ini. Tentu dengan prokes ketat,” ujarnya saat ditemui di Ruang VVIP Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Meski aktivitas kembali normal, jemaah tetap diminta menjalani cek suhu tubuh sebelum memasuki area Masjid Istiqlal. Mereka juga diimbau disiplin mengenakan masker. Pihaknya akan mempersiapkan stok masker.

Masjid Istiqlal, Jakarta, siap melayani para umat yang akan beribadah pada bulan Ramadan tahun 2022 ini. Bahkan, untuk saat ini, untuk beribadah di Masjid Istiqlal sudah merapatkan saf.

Karpet atau sajadah telah dipasang kembali untuk kebutuhan ibadah masyarakat muslim. Saat ini kapasitas Masjid Istiqlal dapat menampung sekitar 5.000 orang.

Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, karpet atau sajadah sudah terpasang sejak Selasa kemarin dan saf salat telah dirapatkan kembali. Artinya, kegiatan ibadah di Masjid Istiqlal telah kembali normal seperti sebelum kehadiran pandemi Covid-19.

“Sudah gelar karpet dan merapatkan saf salat,” ujarnya, Kamis (17/3/2022).

Namun, Abu Hurairah menjelaskan, para Jemaah Masjid Istiqlal tetap harus menjaga ketertiban dan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker. “Tetap memakai masker,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan peribadatan di Masjid Istiqlal pun akan diselenggarakan kembali pada bukan Ramadan nanti. Seperti Ibadah Tarawih dan kegiatan lainnya. “Iya Tarawih dan kegiatan lain di bulan puasa Insyaallah ada,” tuturnya. (jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: