Momen Kelahiran Buah Hati Terjamin JKN-KIS

Momen Kelahiran Buah Hati Terjamin JKN-KIS

Kelahiran sang buah hati yang telah berada di dalam kandungan selama kurang lebih sembilan bulan adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Pasien persalinan khususnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan baik secara normal maupun melalui operasi caesar. 

Hal ini dirasakan oleh Asti Suriantini (26) yang telah mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit bersalin. Setelah menjalani proses kelahiran buah hati keduanya Asti sangat terlihat bahagia. Asti yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini menceritakan pengalamannya menggunakan JKN-KIS.

“Pada kelahiran anak kedua ini saya memang sudah mengambil keputusan bersama suami saya berdasarkan saran dokter untuk melahirkan secara caesar, karena kelahiran anak pertama saya pun dilakukan secara caesar. Yang paling berkesan dan tidak akan saya lupakan adalah dua  kali saya harus operasi untuk melahirkan, semuanya full dijamin JKN-KIS untuk tindakan dan obat-obatannya,” ujar Asti, Jumat (11/02).

Wanita asal Pasar Kidul Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya ini menuturkan bahwa terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS sangat membantu dirinya untuk melalui proses persalinan anak keduanya itu. Menurutnya, dengan dijaminnya seluruh biaya pelayanan kesehatan sangat meringankan beban dirinya dan suami di tengah masa pandemi Covid-19.

“Karena seluruh biaya persalinan operasi caesar saya sudah ditanggung JKN-KIS dan hal ini sudah sangat meringankan perekonomian kami, maka saya minta untuk naik kelas rawat karena demi mendapat kenyamanan untuk saya dan buah hati. Saya pun sama sekali tidak keberatan untuk membayar biaya tambahannya. Alhamdulillah biaya tambahannya tersebut tidaklah mahal, karena hanya membayar selisihnya saja,” ucap Asti.

Asti dan suaminya yang terdaftar sebagai peserta dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) pun sempat mengungkapkan rasa terima kasih dan harapan yang besar untuk Program JKN-KIS ini agar terus berkembang maju di masa yang akan datang.

“Saya juga sangat puas dengan pelayanan yang baik yang sudah diberikan kepada saya, saya juga sama sekali tidak mengalami kesulitan, makanya saya juga sangat berharap kepada pemerintah agar terus mengembangkan Program JKN — KIS ini, baik untuk saya maupun untuk masyarakat dari mulai kelas 1 sampai kelas 3,” ucap Asti. (BS/ha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: