Membentuk Siswa Disiplin dan Sportif, SMP Islam Nurul Yaqin Gelar Liga Sepak Bola

Membentuk Siswa Disiplin dan Sportif, SMP Islam Nurul Yaqin Gelar Liga Sepak Bola

radartasik.com, RADAR TASIK - SMP Islam Nurul Yaqin Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya menggelar Final Liga Sepak Bola SMP Islam Nurul Yaqin, kemarin. Dari Liga tersebut keluar sebagai pemenang yakni juara 4 kelas VIII A, juara 3 kelas IX A, juara 2 kelas VIII C dan juara 1 kelas IX B.


Wakasek Kesiswaan SMP Islam Nurul Yaqin Hari Zainul mengatakan, turnamen ini sebagai program unggulan sekolah dengan tujuan sebagai media penguatan pendidikan karakter siswa SMP Islam Nurul Yaqin melalui harmonisasi rasa (estetis) serta olahraga (kinestetik) sehingga terbentuk siswa yang disiplin dan sportif.

“Dalam Final Liga Sepak Bola ini, peserta 11 tim yang merupakan siswa perwakilan kelas di SMP Islam Nurul Yaqin. Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang dimulai sejak bulan Januari 2022,” katanya.

Tindak lanjut kegiatan ini, siswa yang memiliki bakat disalurkan untuk mengikuti kompetisi Gala Siswa Indonesia serta Kompetisi U13 dan U15 Askab PSSI Tasikmalaya. “Kegiatan Liga ini digulirkan sejak tahun 2014,” ujarnya.

Ia menjelaskan, liga sepak bola ini sangat mendukung soft skill siswa, sebab permainan sepak bola salah satu jenis olahraga yang penuh strategi. Oleh karena itu, setiap pemain selalu dituntut untuk menguasai beragam teknik sepak bola. Tak hanya mengandalkan otot, namun permainan ini juga membutuhkan taktik, teknik dan strategi.

Setiap strategi dan teknik yang kerap digunakan para pemain sepak bola, secara tidak sadar juga melatih kecerdasan otak. Sebab, dalam pertandingan sepak bola bisa saja berubah-ubah, sehingga menuntut para pemain untuk selalu mengambil keputusan secara cepat dan tepat. “Di sinilah siswa terlatih kecerdasan dan soft skill-nya,” pungkasnya. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: