Vaksinasi Booster Bakal Tersedia di Pos Mudik

Vaksinasi Booster Bakal Tersedia di Pos Mudik

Radartasik.com, JAKARTA - Mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di musim mudik 2022 ini, pemerintah menggulirkan syarat vaksin booster bagi mereka yang hendak lebaran nanti.

Seperti penjelasan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, diharapkan dengan telah divaksinasi booster bakal melindungi pemudik dan keluarga di kampung halaman dari tertular Covid-19. Ataupun kalau sampai tertular, maka gejalanya akan ringan.

Nantinya untuk pemudik yang ingin mendapatkan booster bakal disediakan layanan suntik vaksin booster di pos-pos pantau pemudik.

Selanjutnya pemudik yang sudah menerima vaksin booster akan diizinkan mudik tanpa perlu menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 untuk syarat perjalanan.

Sementara pemudik yang sudah divaksinasi lengkap atau dua dosis wajib tapi belum divaksin booster makan wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes antigen sebagai syarat perjalanan. Pemudik yang baru divaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR sebagai syarat perjalanan.

“Jika mereka mau di-booster saat itu, maka nanti dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan, tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum,” kata Menkes Budi secara virtual, Rabu malam (23/03/2022).

Para pemudik nantinya lanjut Budi dapat menyambangi pos-pos di mana masyarakat bisa langsung disuntik booster sebelum mudik. Bahkan tak hanya booster, pos-pos pantau mudik juga menyediakan vaksinasi dosis II bagi mereka yang baru sekali vaksin.

“Jika baru satu kali vaksin, tetap nanti akan ada tempat-tempat khusus baik di angkutan umum maupun beberapa pos. Kalau naik angkutan pribadi bisa juga di suntik keduanya lengkapnya di sana,” kata Budi.(len)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: