Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah

Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah

radartasik.com, Sebanyak 20 rumah di Desa Sukajadi Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis rusak diterjang hujan disertai angin kencang, Selasa (22/3/2022) sekitar pukul 15.00.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya rumah-rumah warga rusak ringan, sedang dan rusak berat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa Sukajadi Mujtahidin mengatakan, hasil pendataan sampai Rabu (21/3/2022) pagi ada 20 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat musibah bencana hujan disertai angin kencang. Kerusakan yang dialami pada bagian atap, genting rumahnya terbang terhempas angin kencang. Bahkan ada juga yang tertimpa pohon tumbang.

“Memang saat itu hujan serta anginnya kencang sehingga banyak yang rumahnya rusak,” paparnya.

Kata dia, dalam upaya penangaA­nannya dilakukan secara gotong royong dari Pemerintah Desa Sukajadi dibantu Babinsa, Babinmas, relawan Tagana Kabupaten Ciamis, anggota Damkar Pos WMK Banjarsari, relawan SIGAP, relawan Kokam, sahabat Tagana, RAFI dan masyarakat.

“Semuanya melakukan upaya gotong royong dalam mengevakuasi pohon tumbang dan membetulkan rumah material rumah warga yang rusak tertiup angin kencang,” paparnya.

Dengan cuaca seperti ini, kata dia, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan akan ancaman berbagai musibah.

“Kami mengimbau masyarakat untuk melakukan pemangkasan atau pemotongan pohon yang rawan tumbang,” saran dia.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi mengatakan, di Ciamis Selatan itu terjadi bencana alam akibat angin kencang puluhan rumah rusak. Ada yang tertimpa pohon atau gentingnya terbang.

“Upaya kami bersama aparat desa, TNI, Polri, relawan lain gotong royong evakusai pohon yang menimpa rumah sampai malam dilanjutkan paginya,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: