Sukseskan Vaksinasi Menuju Endemi

Sukseskan Vaksinasi Menuju Endemi

radartasik.com, RADAR TASIK — Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi hampir tiga tahun ini akan segera berstatus endemi apabila vaksinasi 70 persen bisa tercapai se-Indonesia. Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Leuwisari Didin Budiana kepada Radar, Selasa (22/3/2022).


Maka dari itu, kata Didin, pihaknya di daerah terus menggenjot vaksinasi semua dosis untuk bisa mencapai 70 persen dari jumlah penduduk. “Saat ini capaian vaksinasi di Leuwisari sudah mencapai 68 persen atau 22.858 orang dari sasaran 33.331 dan sisa target sekitar 10.473 untuk dosis kedua,” ujarnya, menjelaskan.

Kata dia, ada beberapa kendala dalam realisasi vaksinasi. Selain berita-berita hoaks dan hal lainnya, pencatatan vaksinasi pun membuat capaian di setiap daerah berpengaruh. “Misalnya warga Leuwisari vaksinasi di Kota Tasik atau kota-kota besar lainnya, itu tidak masuk catatan ke Leuwisari, namun tercatat di daerah yang dilakukan vaksinasinya, sementara di sini banyak warga yang merantau dan divaksin di sana,” ucap dia.

Lanjut dia, upaya yang dilakukan dengan terun melakukan vaksinasi tersentral di kepunduhan. Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat divaksin dan tidak perlu jauh ke puskesmas. “Tidak melakukan door to door karena takut muncul image atau kesan pemaksaan, jadi lebih baik edukasi imbauan untuk memunculkan kesadaran dan sejauh ini ada yang sengaja datang ke puskesmas untuk divaksin,” pungkasnya. (yfi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: