Kejuaraan Lestarikan Pencak Silat

Kejuaraan Lestarikan Pencak Silat

radartasik.com, RADAR TASIK - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggandeng Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tasikmalaya menggelar kejuaraan pencak silat tingkat Kabupaten Tasikmalaya di Gedung Pramuka, Senin (21/3/2022).


Kadisparpora Kabupaten Tasikmalaya, Drs H Nana Heryana MM mengatakan, kejuaraan tersebut guna menjaring bibit atlet baru dalam dunia pencak silat. Par aatlet yang mengikuti kejuaraan tersebut merupakan pelajar. “Kejuaraan itu diikuti kurang lebih 15 paguron se-Kabupaten Tasikmalaya. Diselenggarakannya tidak hanya mencari juara saja, melainkan juga untuk mencari bibit baru yang akan mewakili Kabupaten Tasikmalaya di tingkat provinsi bahkan hingga nasional,” ujarnya kepada Radar, Senin (21/3/2022).

Nana menyebutkan, dengan adanya kejuaraan pencak silat ini bisa dipergunakan sebagai ajang pemersatu perguruan pencak silat serta dalam mencari prestasi. Pencak silat adalah olah aga asli Indonesia, sehingga diharapkan hobi yang dimiliki digunakan untuk hal yang positif.

Pencak Silat, ujar dia, dapat memaksimalkan kemampuan kita dalam pertahan diri. Diharapkan melalui kegiatan ini menciptakan talenta yang hebat dan membawa Kabupaten Tasikmalaya ke level nasional.

Prestasi olahraga, menurutnya, harus didukung dan ditingkatkan lewat proses pembinaan yang sistematis dan berkelanjutan. Inilah upaya Pemkab Tasikmalaya melalui dinas sebagai bentuk pembinaan pencak silat. Oleh karena itu, Nana berharap seluruh pihak terlibat dapat bersinergi bahu-membahu serta menjunjung sportifitas dengan baik.

Ia mengaku tidak pernah bosan mengajak masyarakat hidup sehat salah satunya melalui olahraga. “Saya ingin kegiatan ini dapat memotivasi para atlet pencak silat untuk mempertahankan kemampuannya masing-masing. Kejuaraan ini juga, diharapkan dapat mencetak bibit-bibit atlet baru yang unggul sehingga membawa nama harum Kabupaten Tasikmalaya dalam dunia persilatan,” ucapnya berharap. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: