Menag Bahas Kuota Haji bersama Menteri Saudi

Menag Bahas Kuota Haji bersama Menteri Saudi

Radartasik.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi. Menag berharap, Indonesia mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jamaah yang sudah menunggu pemberangkatan.

Harapan Menang ini disampaikan dalam pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah. Pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi.

“Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi,” kata Yaqut kepada wartawan, Senin (21/3).

Dalam pertemuan ini, Yaqut sempat menyinggung soal kuota haji untuk Indonesia. “Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal,” kata Yaqut.

“Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya,” sambungnya.

Menurut Yaqut, pemerintah Arab Saudi masih melakukan persiapan. Tahun ini akan membuka kesempatan untuk jamaah luar Arab menunaikan beribadah haji.

Adapun terkait kuota, hal itu menurutnya bukan keputusan Kementerian Haji dan Umrah saja. Proses pengambilan keputusan kuota, harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

“Jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jemaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan,” kata Tawfiq F. Al-Rabiah. (jpg/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: