Pesantren Harus Bersih dan Sehat

Pesantren Harus Bersih dan Sehat

radartasik.com, PANGANDARAN — Institute for Civil Society Development (ICSD) bekerja sama dengan PT Unilever Indonesia Tbk memberikan donasi berupa produk Unilever kepada santri di Kabupaten Pangandaran.

Selain itu, ICSD bersama Unilever memberikan edukasi dalam menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan pesantren.

Salah satu lembaga keagamaan yang memperoleh donasi produk dari Unilever adalah Pesantren Kalangsari Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat.

Direktur ICSD Foundation KH Deni Rusyniadi mengatakan pemberian donasi tersebut merupakan bagian dalam program pesantren sehat di Jawa Barat.

”Bergerak di 12 kota dan kabupaten di Jawa Barat, yang menjangkau 1.001 pesantren atau 250 ribu santri,” katanya kepada Radar, Sabtu (19/3/2022).

Tujuan program pesantren sehat tersebut, kata dia, untuk meningkatkan perubahan perilaku santri dalam mencuci tangan pakai sabun dan menggosok gigi setelah makan pagi dan sebelum tidur.

Selain itu, menurut dia, untuk meningkatkan pola makan santri yang lebih bernutrisi agar daya tahan tubuh meningkat dan mampu menangkap pelajaran dengan baik.

Selanjutnya, tambah dia, membiasakan pengelolaan sampah agar lebih berkah dengan cara membuat bank sampah atau melakukan pengolahan sampah.

”Lalu membiasakan santri untuk menjaga pola sanitasi yang lebih sehat. Kemudian membiasakan santri lebih menyehatkan badanya dengan mandi dua kali sehari,” tuturnya.

Sementara produk yang diberikan berupa personal hygiene dan home care, seperti pasta gigi, sabun, hand wash, hand sanitizer, sabun cuci piring, lap pel, deterjen, sabun pembersih wajah agar lebih glowing dan lain-lain. ”Di Pangandaran ada 150 yang dapat bantuan,” tuturnya.

Pengasuh Ponpes Kalangsari KH Lutfi Muchsin sangat mengapresiasi atas donasi dan edukasi yang diberikan ICSD dan Unilever. ”Mudah-mudahan jadi berkah untuk semua,” ucapnya.

Dia mengatakan kesehatan dan kebersihan di pesantren sangat penting dan harus dijaga. ”Stigma santri budug harus dihilangkan. Kami di Ponpes Kalangsari alhamdulillah selalu menjaga kesehatan para santri dan menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: