Sehari Dua Jembatan Putus

Sehari Dua Jembatan Putus

radartasik.com, Curah hujan tinggi di wilayah Ciamis mengakibatkan dua jembatan di Kecamatan Banjarayar putus, Jumat (18/3/2022) pada pukul 03.10 dini hari.

Jembatan tersebut di antaranya penguhubung Kampung Mungganglaos Dusun Ciakar RT/RW 06/01 Desa Pasawahan dan jembatan di Dusun Ciawitali RT/RW 24/04 Desa Pasawahan Kecamatan Banjaranyar.

Angota Tagana Kabupaten Ciamis  Deni Permana bahwa awalnya dapat laporan dari masyarakat mengenai ada dua jembatan dusun terputus.  Makanya pada pagi-pagi langsung menuju kelokasi kejadian.

“Ternyata saat dipantau kedua jembatan alami terputus, dikarenakan tergerus air sungai pada dini hari, karena sejak malam turun hujan deras, “ paparnya.

Deni menyampaikan, jembatan yang terputus itu semuanya penghubung dusun. Karena terputus penduduk di sana terisolir.

Lokasi kedua jembatan yang putus di Dusun Ciawitali RT 24/04 Desa Pasawahan Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis.

“Jadi kedua lokasi itu sempat terisolir, namun masyarakat berupaya  semaksimal mungkin membikin jembatan darurat dari bambu hingga bisa dilalui sekarang,“ paparnya.

Kepala Dusun  Ciakar Desa Pasawawan Narsa memang jembatan penghubung dusun terputus hingga

63 Kepala Keluarga (KK) dan 139 jiwa sempat terisolir tidak bisa nyebrang. Selian itu saluran air bersih terputus,  bahkan tidak bisa dilalui kendaran juga. 

“Namun sekarang ini bikin jembatan darurat hanya bisa lewat jalan kaki atau motor saja, harapan adanya perbaikan lagi secara permanen,“ paparnya.

Kepala  Kadus Ciawitali  Nursidik bahwa memang di wilayahna juga sama jembatan terputus hingga ada sebanyak 157 KK dan 741 jiwa yang terisolir.

“Beruntung berkat gotong royong kini ada jembatan darurat dan aman hanya sementara saja,“ pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: