Pabrik Arang Menjadi Arang

Pabrik Arang Menjadi Arang

radartasik.com, Sebuah pabrik arang di Kampung Selaawi Desa Mekarsari Kecamatan Cibatu dilalap api, Jumat siang (18/3/2022). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.


Kepala Desa Mekarsari Ahmad Sadeli mengatakan, kebakaran terjadi sekita pukul 13.00, kemarin. Saat itu pabrik arang tersebut sedang memanggang batok kelapa untuk dijadikan arang.

“Api dari pemanggangan batok, kemudian menjalar ke beberapa benda yang mudah terbakar dan kebangunan lainnya,” ujar Sadeli kepada wartawan, Jumat (18/3/2022).

Mendapat informasi kebakaran, Sadeli langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Beberapa menit kemudian, petugas pemadam kebakaran datang dan memadamkan api yang sudah menjalar hingga kantor pabrik arang tersebut.

“Pemadaman tidak terlalu lama, sekitar dua jam api sudah padam,” terangnya.

Berdasarkan data yang diterimanya, kata dia, akibat kebakaran itu kerugian mencapai Rp 500 juta. Karena selain bangunan yang terbakar, ada hasil produksi pabrik seperti arang dan kopra yang ikut terbakar.

“Meski lokasi pabrik yang terbakar ini berada di dekat pemukiman warga, tetapi api tidak merambat ke warga,” terangnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut Eded Komara mengatakan, untuk memadamkan api yang membakar pabrik arang, pihaknya mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran.

“Ada empat mobil Damkar yang dikerahkan. Semuanya berasal dari unit Limbangan, Leles, Malangbong dan Mako Damkar Garut,” terangnya.

Dalam pemadaman, kata dia, petugas berulang kali mengisi tangki air, karena area yang terbakar seluas 1,4 hektare. Pemadaman api membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 4 jam, dikarenakan banyak bahan arang dan bahan baku kopra yang mudah memicu timbulnya bara api.

Eded mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai faktor penyebab kebakaran, dikarenakan kebakaran tidak mengenal waktu dan tempat.

“Termasuk dalam kasus kebakaran ini dimana banyak bahan yang mudah terbakar. Pastikan segala komponen mesin dalam kondisi yang baik agar tidak memicu timbulnya penyebab kebakaran,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: