Jamin Komoditas Holtikultura Aman Jelang Ramadan

Jamin Komoditas Holtikultura Aman Jelang Ramadan

radartasik.com, Pemerintah Kabupaten Garut menjamin komoditas hortikultura di pasaran masih aman jelang Ramadan. Komoditas sayuran masih cadangan untuk dipanen pada April atau awal Mei 2022.


“Kami masih punya cadangan untuk komoditas holtikultura yang saat ini belum dipanen, jadi cukup untuk awal Ramadan hingga Idul Fitri,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Jumat (18/3/2022).

Rudy memastikan harga komoditas holtikultura tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

“Meski banyak dibutuhkan masyarakat tetapi insya Allah ada dan harganya murah,” ujarnya.

Rudy berpesan kepada masyarakat tidak panic buying menjelang Ramadan, karena pasokan kebutuhan pokok di Kabupaten Garut dipastikan aman dan tidak ada kelangkaan.

“Seperti minyak dan kebutuhan pokok lainnya sekarang sudah tidak ada kelangkaan. Sudah normal,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Garut Beny Yoga Santika mengatakan, untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran, khususnya kebutuhan sayuran akan tercukupi, bahkan beberapa komoditas hortikutura mengalami surplus.

“Jadi Insya Allah untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran, ini untuk kebutuhan sayuran di Kabupaten Garut terutama ya, ini akan mencukupi, malah surplus kita akan memasok ke Jawa Barat dan nasional,” jelasnya.

Ia mengungkapkan surplus terjadi karena beberapa komoditas akan panen raya di minggu ketiga Maret, salah satunya yaitu cabai.

“Nah memang kemarin (cabai) sempat mengalami peA­ningkatan (harga). Harga sekaA­rang di petani masih Rp 35-50 ribu, di pasaran sekitar 70-80 ribu, tapi sekaA­rang sudah agak melanA­dai, kaA­rena mungA­kin di mingA­gu ketiga ini petani di KabuA­paA­ten Garut suA­A­A­dah muA­lai paA­nen raya,” paA­parnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: