Ayam Milik Warga Habis Diterkam Biawak Seukuran Buaya

Ayam Milik Warga Habis Diterkam Biawak Seukuran Buaya

Radartasik.com — Varanus Salvator atau dikenal dengan biawak, membuat resah warga Banjarmasin Selatan. Reptil yang belakangan diketahui memiliki bobot 100 kilogram tersebut kerap memangsa ayam milik warga.  

Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Banjarmasin yang mendapat laporan warga memutuskan melakukan perburuan. Hasilnya, Kamis (17/3) siang, reptil tersebut berhasil diringkus di samping rumah penduduk di Jalan 9 Oktober Gang Moroseneng, Banjarmasin Selatan.

Semua warga dan petugas Damkar bergidik. Biawak tersebut saat ditimbang dan diukur, beratnya mencapai 100 kilogram dengan panjang lebih dua meter.

Evakuasi berlangsung dramatis. Saat didekati, biawak itu kabur ke kolong rumah. Karena gelap dan sempit, petugas kewalahan. Sekalipun sudah bisa meraih ekornya. Tak ada pilihan, bagian lantai dapur rumah warga pun terpaksa dibongkar.

Setelah menghabiskan waktu dua jam sejak perburuan, biawak tambun itu bisa diangkut. Pemilik rumah, Faridah menuturkan, biawak itu tumbuh sangat cepat. Dia masih ingat saat biawak itu masih kecil dan lucu.

“Lama-kelamaan, ternyata semakin membesar saja,” ungkap perempuan 40 tahun.

Sampai akhirnya para tetangga mengeluh tentang ayam-ayam yang mendadak menghilang. “Mungkin diterkamnya pada malam hari. Saya sering mendengar kibasan ekornya di bawah kolong rumah ini,” tambahnya.

Sementara itu, Komandan Regu II Dinas Damkar dan Penyelamatan, Ilham Pengabdi mengaku terkejut melihat ukurannya. “Kami juga tidak menyangka kalau bobotnya seberat ini,” ujarnya.

Dia menduga biawak ini betina. “Melihat kondisi perutnya dan perlawanannya, dia tampaknya hendak bertelur,” tambahnya.

Biasanya, evakuasi satwa hanya memerlukan tiga personel. Kali ini harus diturunkan enam orang. Ditambah bantuan relawan BPK dan warga setempat.  “Ini biawak terbesar yang pernah kami hadapi,” ungkap Ilham seraya menerangkan biawak itu akan dibawa ke Kebun Binatang Mini Jahri Saleh. (jpg/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: