Tingkatkan Mutu dan Efisiensi Sekolah, Kompleks SDN Tuguraja Sepakat Merger

Tingkatkan Mutu dan Efisiensi Sekolah, Kompleks SDN Tuguraja Sepakat Merger

radartasik.com, RADAR TASIK - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya secara maraton terus melaksanakan kegiatan pembinaan kelembagaan dan manajemen sekolah dengan rapat pembahasan pelaksanaan merger/penggabungan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kompleks Tuguraja, Kamis (17/3/2022).


Rapat musyawarah merger tersebut dihadiri puluhan orang terdiri dari kepala sekolah kompleks Tuguraja, komite sekolah, guru, tokoh masyarakat, perwakilan orang tua, dan lurah. Keputusannya kompleks Tuguraja berhasil di-merger.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Disdik Kota Tasikmalaya H Cecep Susilawan SPd MM mengatakan musyawarah merger kali ini, giliran SDN 1, 2, 3 Tuguraja. Hasilnya, para kepala sekolah kompleks Tuguraja, guru, komite sekolah, perwakilan wali murid sepakat melakukan merger.

”Dari hasil musyawarah bersama dari tiga sekolah mau di merger menjadi satu sekolah,” katanya.

Sebab, sambung ia, faktor utama adanya merger adalah semakin sedikitnya siswa. Di sisi itulah kompleks Tuguraja mesti di-merger untuk efisiensi dalam pengelolaan manajemennya.

”Karena di kompleks Tuguraja totalnya 513 siswa atau rombongan belajar 22. Dari sekolah itu, ada siswa yang berlebih dan kekurangan,” ujarnya.

Dengan hasil kompleks Tuguraja merger itu, tentunya agar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). ”Tentunya agar kompleks Tuguraja mampu berinovasi, sehingga bisa berkembang dan berkompetisi dengan sekolah lainnya,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Ir Hj Ely Suminar MP menyampaikan rencana menyatukan sekolah ini untuk efisiensi, efektivitas dan peningkatan mutu kualitas. Namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya tidak gegabah, pasti dengan pendekatan sosialisasi kepada masyarakat dan analisis data.

”Merger yang saat ini mesti dilakukan, karena terjadi krisis guru dan kepala sekolah. Karena per bulan ada 25 guru pensiun dan dihitung per tahun hingga 300 guru pensiun. Namun dilakukan demokrasi,” katanya.

Lalu, merger ini bentuk siasat dalam keberlangsungan belajar mengajar di sekolah dasar.

”Tentunya supaya meningkatkan pembelajaran,” ujarnya.

Ketua Komite Kompleks Tuguraja Syarif Hidayat menyetujui kompleks SDN Tuguraja di merger. Itu karena banyak hal yang bermanfaat terutama untuk kemajuan dan kualitas sekolah.

”Manfaat merger kompleks SDN Tuguraja, seperti peningkatan kuantitas dan kualitas sekolah, efisiensi operasional sekolah, dan perbaikan manajemen sekolah,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: