Kasus DBD Terus Meningkat

Kasus DBD Terus Meningkat

radartasik.com, Memasuki musim penghujan, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Garut mengalami peningkatan signifikan. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, sejak Januari 2022 ada lebih dari 100 kasus DBD.


“Angkanya alami peningkatan dari mulai awal tahun 2022,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani kepada wartawan, Kamis (17/3/2022).

Leli menerangkan, dari awal Januari 2022 ditemukan 59 kasus DBD. Kemudian Februari kasusnya naik menjadi 69 kasus DBD. Bahkan pada Februari ada satu orang yang meninggal di Kecamatan Bayongbong.

“Sekarang hingga pertengahan bulan Maret sudah ada 23 kasus DBD, dua diantaranya meninggal dunia. Itu terjadi di Kecamatan Kersamanah,” terangnya.

Menurut dia, kenaikan angka kasus DBD seiring datangnya musim hujan. Pada musim hujan, kata dia, membuat nyamuk makin berkembang biak.

Leli mengatakan, terus melakukan penanganan dengan penyuluhan kepada masyarakat. Ketika ada kasus DBD, tim akan melakukan penyelidikan epidemiologi. Setelah itu, baru ditentukan tindakan yang dilakukan di wilayah itu.

“Apakah harus di-abate, fogging atau cukup dengan 3M. Kami juga sudah sering juga melakukan fogging dalam sepekan sekitar tiga kali dilakukan,” terangnya.

Menurut dia, sebenarnya upaya fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. Masyarakat diminta fokus membunuh jentik dengan upaya 3M. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: