Jangan Malu untuk Terus Belajar

Jangan Malu untuk Terus Belajar

radartasik.com, RADAR TASIK — Jemaah Masjid Riyadul Amanah Dusun Sindangkerta Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang melaksanakan khotmil (khatam) Quran juz 30 Selasa (15/3/2022).

Khotmil Quran diikuti ibu-ibu pengajian yang usianya di kisaran 50 sampai 60 tahun.

Pengasuh jemaah, kiai Asep Apandi ingin para jemaahnya tersebut tidak hanya rajin menghadiri pengajian, tapi juga bisa baca Al-Quran.

“Awalnya saya tanya ke ibu-ibu itu, bisa baca Al-Quran tidak bu, dan jawaban mereka serentak kami mau belajar pak kyai, jawab mereka. Akhirnya mulai saat itu pembelajaran dimulai,” katanya Kamis (17/3/2022).

Dalam proses mengajar, kiai Asep dibantu ustaz Ahmad Sidiq, mulai dari mengajari huruf, harokat sampai bacaan tajwidnya. “Banyak pengorbanan terutama mengatur waktu belajarnya, maklum semuanya sudah nini-nini,” katanya.

Dirinya terus memberi semangat kepada ibu-ibu lanjut usia itu agar jangan malu untuk belajar.

“Memang awalnya pertemuan ibu-ibu ini sulit, tetapi lama-kelamaan rutin juga untuk belajar membaca Al-Quran. Mereka punya hak untuk bisa membaca Al-Quran sebelum meninggal nanti,” terangnya.

“Semoga ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk yang belum bisa agar tidak malu-malu belajar walaupun usia sudah tua,” tambahnya.

Asep mengatakan mereka belajar dari nol. Setiap malam waktu pembelajaran minimal tiga kali dalam seminggu.

“Alhamdulillah antusiasme mereka walaupun ibu-ibu dan nini-nini untuk belajar Al-Quran lumayan masih semangat, terlebih setelah mereka naik panggung disaksikan anak dan cucunya hafalan juz 30,” ucapnya

Peserta khotmil Quran Ratini Yuniawati (50), merasa senang dan bangga masih bisa belajar membaca dan hafalan Al-Quran.

“Baru kali saya naik panggung wisuda khotmil Quran dan disaksikan anak cucu. Sudah tua tapi saya merasa bangga karena bisa cari ilmu karena wajib,” ucap warga Dusun Sindangkerta RT 39 RW 12 Desa Karangpawitan itu. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: