Pabrik Triplek Terbakar, Pemilik Rugi 100 Juta

Pabrik Triplek Terbakar, Pemilik Rugi 100 Juta

radartasik.com, RADAR TASIK - Pabrik triplek milik Ali di Kalangari RT/RW 5/1 Desa Budiharja Kecamatan Sidangkasi terbakar, Rabu (16/3/2022) malam. Kebakaran pabrik triplek tersebut diduga dari tungku oven yang membakar bahan baku kayu.

Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, kerugian materi ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Komandan Regu (Danru) UPT Damkar Ciamis Yedi Setiadi mengatakan, saat pihaknya sampai ke lokasi kebakaran ternyata apinya cukup besar dengan luas pabrik mencapai 10x6 meter.

“Langsung kami melakukan pemadaman, walaupun cukup kesulitan memadamkan api karena sudah membesar. Bahkan banyak material kayu sebagai bahan baku yang mudah terbakar,” paparnya.

Kata dia, makanya upaya memadamkan api perlu bantuan, meski dari Ciamis 3 unit dan ada bantuan 1  unit dari Damkar Tasikmalaya diterjunkan untuk memadamkan api.

“Bersyukur bisa kami padamkan dan langsung dilakukan pendinginan supaya api tidak merembet ke bangunan lainnya,” paparnya.

Menurut dia, kebakaran pabrik triplek tersebut diduga disebabkan dari  tungku pengovenan dan api merembet ke bahan yang mudah terbakar.

“Dugaan sementara memang dari tungku oven dan merembet ke bahan mudah terbakar,” paparnya.

Pegawai pabrik triplek, Herman mengaku saat itu sedang mengoven dan tiba-tiba terlihat asap sangat tebal serta terdengar suara terbakar, begitu dilihat api sudah besar.

“Makanya saya segera melapor ke Damkar Ciamis agar bisa diselamatkan,” kata dia, menambahkan.

“Upaya pertama yang saya lakukan waktu itu mematikan mesin, namun saat masuk ke dalam sudah terbakar dan sekitar 30 kubik bahan baku hangus. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran, beberapa pekerja berhasil menyelamatkan diri,” kata dia, menambahkan.(isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: